ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PASCA REFORMASI DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI

  • Frendly Albertus Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Wesley Liano Hutasoit Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Silvester Floresda Hingan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Keywords: Pelayanan, publik, reformasi, sosiologi

Abstract

Sejak peristiwa reformasi tahun 1998, perubahan sistem pelayanan publik telah menjadi tujuan pokok saat krisis melanda ekonomi dan politik. Tetapi justru reformasi dalam pelayanan publik masih jauh dari harapan dibandingkan terhadap penegakan reformasi dalam bidang lainnya, seperti politik dan hukum. Masyarakat yang juga sebagai subyek dalam proses pelayanan publik kepada proses birokrasi administrasi publik juga melakukan upaya perbaikan. Dalam penelitian ini mencoba memberikan gambaran-gambaran awal tentang analisis peyanan publik pasca reformasi dalam tinjauan Sosiologi

References

Abdul, W. S, 2007. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kridawati S. 2011. Realitas Kebijakan Publik, Malang: Intrans Publishing.

Nugroho, R. 2003. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo

Prasojo, E.. 2015. Revolusi Mental Birokrasi, Jakarta: Kompas Press.

Rozaki, A. 2005. Prakarsa Desentralisasi dan Otonomi Desa. Yogyakarta: IRE PRESS.

Sudarmo. 2011. Isu-Isu Administrasi Publik Dalam Perspektif Governance. Surakarta: Smart Media.

Mauk, T. 2004. Matinya Birokrasi, Semarang: Puskodak FISIP UNDIP.

Muhid A., M. Hadi, A. Fanani, A. Arifin, and A. Hanif, 2019 “The Effect of Hate Speech Exposure on Religious Intolerance Among Indonesian Muslim Teenagers.

Published
2020-08-22
How to Cite
Albertus, F., Hutasoit, W. L., & Hingan, S. F. (2020). ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PASCA REFORMASI DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI. Prosiding SNasPPM, 5(1), 176-179. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/330