PENINGKATAN KEMAMPUAN TIK GURU SEKOLAH DASAR DI SDN KEBONSARI III TUBAN MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-BOOK UNTUK MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
Keywords:
pendefinisian, e-book, sigil, revolusi industri 4.0Abstract
TIK dalam pendidikan menjadi salah satu pendukung utama layanan pendidikan dan harus diikuti dengan pengembangan sumber daya tenaga pendidik yang dapat memanfaatkan TIK dengan baik. Banyak guru di kecamatan Tuban terutama di SDN Kebonsari III Tuban banyak yang belum dapat mengembangkan e-book. Melalui pelatihan pengembangan e-book diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK untuk mempersiapkan sistem pendidikan abad 21. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: (1) tahap persiapan, dan (2) tahap pelaksanaan pelatihan.. Setelah pelatihan, peserta diberikan prestest dan angket respon peserta. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat diperoleh beberapa hasil, antara lain: (1) terciptanya sinergi antara UNIROW dengan SDN Kebonsari III Tuban. (2) Respon yang baik dari peserta pelatihan dengan hasil angket sebesar lebih dari 50%. Berdasarkan kedelapan item pernyataan dalam angket, item ke-5 yaitu pelatihan dapat memberikan penyegaran pikiran untuk peserta memberikan hasil yang paling tinggi 100 % dan item ke-8 yaitu terdapat relevansi pembelajaran dengan pelatihan yang telah dilaksanakan yang memberikan hasil hasil terendah 61,57%. (3) Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru SDN Kebonsari III Tuban dalam pengembangan e-book terlihat dari hasil peningkatan pretest dan posttest peserta pelatihan melalui hasil rata-rata pretest dan posttest peserta. Rata-rata hasil pretest kemampuan peserta dalam pengembangan e-book masih kurang terlihat dari hasil kurang sebesar 6%, sangat kurang sebesar 82%, cukup sebesar 8%, baik 3% dan baik sekali sebesar 1%. Rata-rata hasil posttest kemampuan peserta dalam pengembangan e-book meningkat yaitu sangat kurang dan kurang sebesar 0%, cukup sebesar 26%, baik 55 % dan baik sekali sebesar 19%.
References
BAPPENAS. 2011. Sustaining Partnership: Konektivitas Enam Koridor Ekonomi. Media Informasi : Edisi Khusus Konektivitas Nasional. Jakarta. websites: www.irsdp.org.
Kemendikbud Nomor 16 Tahun 2007 tentang tentang Kompetensi Guru.
Rifdan. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media TIK Melalui Kegiatan Workshop Di Smpn 2 Teluk Kuantankecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. 2 (5): 827-835.
Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. 2019. Analisis D1 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep IPA Berbasis Android Untuk Membangun 21st Century Skills Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IV. 21 September 2019, Tuban, pp. 10-15.
Sykes, E. R. 2014 . New Methods of Mobile Computing: From Smartphone to Smart Education, Tech Trends , 26-37.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974 . Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Wernely. 2018. Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di TK Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. 2 (3): 415-418.
Widiyanti, I. S. R., Cacik, S., & Winata, Pelatihan Pembuatan Kapsul Biji Buah Alpukat (Persea Americana, Mill.) Sebagai Obat Diabetes Melitus. Prosiding Seminar Nasional UNIROW Tuban. 25 Februari 2017, Tuban. Pp 118-124.
Winata, A., Cacik., S., & Mizan, S. 2017. Pelatihan Pembuatan Garbage Enzyme Di Desa Grabagan. Prosiding Seminar Nasional UNIROW Tuban. 25 Februari 2017, Tuban. Pp 140-145.