IDENTIFIKASI DAN POTENSI PENDUKUNG PERKEBUNAN SALAK SEBAGAI DESTINASI WISATA BARU DI DESA RENGEL KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN

  • Dwi Oktafitria Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Hernik Pujiastutik Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sriwulan Sriwulan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: identifikasi, potensi, Perkebunan Salak, Wisata

Abstract

Program pengabdian masyarakat dengan mengangkat tema identifikasi dan potensi perkebunan salak dilaksanakan di wilayah Kabupaten Tuban tepatnya di desa Rengel Kecamatan Rengel. Perkebunan salak yang berlokasi di Dusun Rahayu Lereng Kuning ini memiliki ciri khas yaitu di tengah perkebunan terdapat pemukiman warga sekitar dusun tersebut. Dengan adanya ciri khas tersebut sangat berpotensi sebagai destinasi wisata baru di desa Rengel. Oleh karena itu, dilakukan identifikasi dan survei awal untuk mengetahui potensi pendukung dari perkebunan salak. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan secara observasi dan memberikan kuesioner kepada masyarakat setempat dengan tujuan untuk mengetahui potensi pendukung perkebunan salak sebagai destinasi baru di kecamatan Rengel. Data primer dari hasil survei identifikasi meliputi sebaran usia responden, keadaan pariwisata di Rengel, keberadaan perkebunan salak dan prospek masa depan. Sedangkan data primer potensi pendukung meliputi pemahaman warga terkait ekowisata, keinginan warga dalam pengelolaan dan fasilitas yang ada disana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perkebunan salak desa Rengel layak untuk dijadikan destinasi baru yaitu lebih dari 80%, sedangkan prospek pengembangan perkebunan salak sebagai destinasi wisata sangat besar yaitu lebih dari 50%.

References

Haryanto, Tri, Lis Noer Aini, and Gatot Supangat. 2009. “Identifikasi Dan Penataan Kawasan Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto Kecamatan Turi Sleman.” Agroteknologi: 1–10.

Sukerti, Ni Wayan, Luh Masdarini, and Ni Nyoman Dewi Adnyani. 2015. “Strategi Pengembangan Agrowisata Salak Di Desa Sibetan Kabupaten Karangasem.” Bosaparis x(Vol 3, No 1 (2015):). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/4784.

W Sukerti, Ni Wayan, Luh Masdarini, and Ni Nyoman Dewi Adnyani. 2015. “Strategi Pengembangan Agrowisata Salak Di Desa Sibetan Kabupaten Karangasem.” Bosaparis x(Vol 3, No 1 (2015):). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/4784.ang, F., Yan, D., Zhang, W., Chi, B., Pu, J., & Jian, L., 2012. LaCo0.6Ni0.4O3-δ as Cathode Contact Material for Intermediate Temperature Solid Oxide Fuel Cells. International Journal of Hydrogen Energy, 30, 1-6.

Nurdiana, Nina, and Murdaningsih Murdaningsih. 2009. “Kajian Potensi Pengembangan Agrowisata Kawasan Gunung Salak Endah.” Buana Sains 9(1): 31–45.

Published
2020-08-22
How to Cite
Dwi Oktafitria, Oktafianto, K., Pujiastutik, H., Sriwulan, S., & Arifin, A. Z. (2020). IDENTIFIKASI DAN POTENSI PENDUKUNG PERKEBUNAN SALAK SEBAGAI DESTINASI WISATA BARU DI DESA RENGEL KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(1), 222-226. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/339