BONEKA HORTIKULTURA (HORTA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EKSPERIMEN DALAM UPAYA MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Keterampilan proses sains, boneka Horta, media pembelajaran eksperimen, siswa SDAbstract
Keterampilan proses sains penting dikembangkan pada siswa sekolah dasar karena berhubungan dengan pembentukan proses berfikir kreatif. Keterampilan proses sains dapat dikembangkan dengan metode pembelajaran berbasis eksperimen sederhana. Boneka Horta merupakan boneka yang terbuat dari terbuat dari serbuk kayu sebagai media hidroponik yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai boneka dan didalamnya disematkan bibit tanaman sehingga dapat berfungsi sebagai media tumbuh tanaman. Tujuan pengabdian ini adalah mengenalkan metode pembelajaran berbasis eksperimen sederhana menggunakan boneka Horta untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hasil pretes menunjukkan bahwa 64% peserta belum mengerti apa itu keterampilan proses sains dan 79% guru belum mengerti tentang langkah-langkah metode ilmiah dalam pembelajaran berbasis eksperimen. Hasil evaluasi menunjukkan peserta setuju bahwa materi pengabdian dapat membangun wawasan mengenai keterampilan proses sains dan penerapan metode ilmiah dalam pembelajaran berbasis eksperimen
References
Suratno, T. 2009. Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. No. 12.
Ostlund, K. L. 1992. Science process skills: Assessing hands-on student performance. New York: Addison-Wesley.
Charlesworth, R., & Lind, K. K. 1995. Math and science for young children (2nd ed.). Albany, NY: Delmar.
Maryati. 2007. Sekolah alam, alternatif pendidikan sains yang membebaskan dan menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 179-189. Yogyakarta, 25 Agustus 2007.
Subali B. 2010. Bias Item Tes Keterampilan Proses Sains Pola Divergen dan Modifikasinya sebagai tes Kreativitas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2:309-334.
Rahmasiwi A, Santosari S, Sari DP. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi, 428-433. FKIP UNS, 2015