PELATIHAN TARI “TARPAK” SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK SISWA TUNA GRAHITA SLB C AUTIS NEGERI TUBAN

Authors

  • Fera Dwidarti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Anak Tuna Grahita, Tari Tarpak

Abstract

Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi dan pelatihan tentang alternatif pembelajaran menyenangkan, mengedukasi tentang kesenian yang dapat diberikan kepada siswa siswi tuna grahita SLB C AUTIS Negeri Tuban. Dengan tujuan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik mitra dari program pelatihan yang diberikan. Adapun sasaran program ini adalah siswa siswi tuna grahita kelas IV SLB C AUTIS Negeri Tuban. Pemenuhan aktivitas-aktivitas kemandirian, aktivitas bermain, dan ketrampilan dalam pendidikan sekolah dasar luar biasa akan maksimal dan baik jika diiringi dengan perkembangan motorik kasar yang baik. Melalui ketrampilan motorik yang baik, khususnya motorik kasar anak dapat melakukan aktivitas mandirinya dengan baik, dapat melakukan gerakan- gerakan permainan seperti berlari, melompat, dan dapat melakukan ketrampilan berolahraga dan ketrampilan baris-berbaris yang diajarkan dalam pendidikan sekolah dasar yang diikutinya. Jika ketrampilan motorik kasar anak kurang baik, tidak hanya pemenuhan kemandirian aktivitas yang terlambat, akan tetapi hal itu juga berdampak kepada perkembangan anak yang lain seperti aktivitas sosial, perkembangan konsentrasi, dan perkembangan motorik planning yang kurang baik. Metode yang dipakai adalah observasi lapangan, pelatihan, dan pendampingan. Observasi lapangan dilaksanakan untuk menganalisis kemampuan awal dalam menari dan meniru gerakan yang dicontohkan oleh instruktur. Pelatihan dilaksanakan satu kali dengan pemberian materi terkait pelatihan tari “tarpak”, selanjutnya pendampingan dilaksanakan sebanyak tiga kali untuk proses lanjutan. Setelah dilaksanakan Program Pengabdian Masyarakat, dapat disimpulkan Kegiatan pelatihan tari “tarpak” di SLB C AUTIS berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan

References

Fikriyati, Mirroh. 2013. Perkembangan Anak Usia Emas. Yogyakarta: Laras Media Prima.

Mohammad Effendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak berkelainan. Jakarta : Bumi Aksara.

Mumpuniarti. 2000. Penanganan Anak Tunagarhita. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mohammad Amin, 1995. Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Hambatan Mental.Yogyakarta : Kanwa Publisher.

Sutjihati Sumantri.2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama. Tin suharmini. 2007. Psikologi anak berkebutuhan Khusus. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Widaryanto. 2009. Koreografi. Bandung : Jurusan Tari STSI Bandung

Additional Files

Published

2020-08-22

How to Cite

Dwidarti, F., Fatimah, I. D. ., & Wiratama, N. A. . (2020). PELATIHAN TARI “TARPAK” SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK SISWA TUNA GRAHITA SLB C AUTIS NEGERI TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(1), 249–252. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/345