PELATIHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS) MELALUI TEKA- TEKI SENSORIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA ABK DI SDLB TUBAN
Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, Teka- teki sensorik, Motorik halusAbstract
Perkembangan kemampuan gerak anak berkaitan erat dengan kemampuan sensoris dan motoris. Kedua aspek ini berjalan saling beriringan terhadap perkembangan kemampuan gerak anak. Dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat khususnya anak berkebutuhan khusus melalui pelatihan teka- teki sensorik diharapkan motorik halus pada anak autis usia sekolah dasar tahun dapat menggambar sesuai gagasannya, menggunakan alat tulis dengan benar, menempel gambar dengan tepat, mampu makan minum dan berpakaian sendiri, dapat menulis angka dan anak dapat menyusun suatu hal. Teka- teki sensorik merupakan salah satu bentuk media yang dapat merangsang keterampilan motorik halus, tidak hanya pada anak normal pada anak autis pun demikian. Dengan permainan teka- teki sensorik, anak akan lebih membutuhkan koordinasi dari otot-otot halus untuk menyusun kepingan-kepingan menjadi suatu bentuk yang utuh. Metode yang dipakai dalam program ini adalah observasi lapangan, pelatihan, dan pendampingan. Observasi lapangan dilaksanakan untuk menganalisis kemampuan awal dalam berkonsentrasi mencari pasangan teka- teki yang dicontohkan oleh instruktur. Pelatihan dilaksanakan satu kali dengan pemberian materi terkait Pelatihan anak berkebutuhan khusus (Children with special needs) melalui teka- teki sensorik untuk melatih kemampuan motorik halus siswa ABK di SDLB Tuban. Selanjutnya pendampingan dilaksanakan sebanyak tiga kali untuk proses lanjutan.
References
Andri, Priyatna. 2013. Amazing Autism!. Jogjakarta:Gramedia
Cahya, S Lili. 2013.Buku Anak untuk ABK. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, Anggota IKAPI
Handojo. 2008. Autisma. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer
Hasdianah. 2013. Autis Pada Anak Pencegahan, Perawatan, dan Pengobatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Koswara, Deded. 2013. PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS. Jakarta: Pt.Luxima Metro Media
Lakshita, Nattaya. 2012. Panduan Simpel Mendidik Anak Autis. Jogjakarta: Javalitera
Misbach,Muzamil.“MediaPuzzle”,dari://www.economy.jurnal.Blogspot.com/2010/06/media.puzzle.html. 30 Desember 2014
Priyatna Andri, 2010. Amazing Autism (Memahami, Mengasuh, dan Mendidik Anak Autis).Jakarta: Kompas Gramedia
Setiawan, Tresno. 2012. Efektivitas Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Bagi Cerebal Palsy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu ). (27-36)
Trainer, The Suzie. 2012. PAUD Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia
http://anakmandiricenter.blogspot.com/2013/03/jenis-terapi-yang-disarankanuntuk.html diakses pada 8 April 2020 pukul 15.25