PELATIHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS) MELALUI TEKA- TEKI SENSORIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA ABK DI SDLB TUBAN

Authors

  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, Teka- teki sensorik, Motorik halus

Abstract

Perkembangan kemampuan gerak anak berkaitan erat dengan kemampuan sensoris dan motoris. Kedua aspek ini berjalan saling beriringan terhadap perkembangan kemampuan gerak anak. Dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat khususnya anak berkebutuhan khusus melalui pelatihan teka- teki sensorik diharapkan motorik halus pada anak autis usia sekolah dasar tahun dapat menggambar sesuai gagasannya, menggunakan alat tulis dengan benar, menempel gambar dengan tepat, mampu makan minum dan berpakaian sendiri, dapat menulis angka dan anak dapat menyusun suatu hal. Teka- teki sensorik merupakan salah satu bentuk media yang dapat merangsang keterampilan motorik halus, tidak hanya pada anak normal pada anak autis pun demikian. Dengan permainan teka- teki sensorik, anak akan lebih membutuhkan koordinasi dari otot-otot halus untuk menyusun kepingan-kepingan menjadi suatu bentuk yang utuh. Metode yang dipakai dalam program ini adalah observasi lapangan, pelatihan, dan pendampingan. Observasi lapangan dilaksanakan untuk menganalisis kemampuan awal dalam berkonsentrasi mencari pasangan teka- teki yang dicontohkan oleh instruktur. Pelatihan dilaksanakan satu kali dengan pemberian materi terkait Pelatihan anak berkebutuhan khusus (Children with special needs) melalui teka- teki sensorik untuk melatih kemampuan motorik halus siswa ABK di SDLB Tuban. Selanjutnya pendampingan dilaksanakan sebanyak tiga kali untuk proses lanjutan.

References

Andri, Priyatna. 2013. Amazing Autism!. Jogjakarta:Gramedia

Cahya, S Lili. 2013.Buku Anak untuk ABK. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, Anggota IKAPI

Handojo. 2008. Autisma. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Hasdianah. 2013. Autis Pada Anak Pencegahan, Perawatan, dan Pengobatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Koswara, Deded. 2013. PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS. Jakarta: Pt.Luxima Metro Media

Lakshita, Nattaya. 2012. Panduan Simpel Mendidik Anak Autis. Jogjakarta: Javalitera

Misbach,Muzamil.“MediaPuzzle”,dari://www.economy.jurnal.Blogspot.com/2010/06/media.puzzle.html. 30 Desember 2014

Priyatna Andri, 2010. Amazing Autism (Memahami, Mengasuh, dan Mendidik Anak Autis).Jakarta: Kompas Gramedia

Setiawan, Tresno. 2012. Efektivitas Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Bagi Cerebal Palsy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu ). (27-36)

Trainer, The Suzie. 2012. PAUD Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia

http://anakmandiricenter.blogspot.com/2013/03/jenis-terapi-yang-disarankanuntuk.html diakses pada 8 April 2020 pukul 15.25

Additional Files

Published

2020-08-22

How to Cite

Fatimah, I. D. ., & Wiratama, N. A. . (2020). PELATIHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS) MELALUI TEKA- TEKI SENSORIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA ABK DI SDLB TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(1), 253–256. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/346