DIVERSIFIKASI PRODUK UNGGULAN DAERAH BAWANG MERAH LOKAL KHAS NGANJUK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM

  • Fauziyah Fauziyah universitas islam kadiri
  • Tri Handayani universitas islam kadiri
  • Riswan Eko Wahyu Susanto PolinemaPSDKU Kota Kediri
  • Aulia Dewi Rosanti Universitas Islam Kadiri
Keywords: Bawang Merah Lokal Nganjuk, , Produk Unggulan Daerah, Teknologi Hasil Pertanian, Diversifikasi Produk, E-Commerce

Abstract

Nganjuk dikenal sebagai surganya bawang merah di Jawa Timur, yang merupakan manisvestasi kearifan lokal yang terdapat di kabupaten Nganjuk. Bawang merah merupakan produk andalan kabupaten Nganjuk, Salah satu penyebab merosotnya produktifitas tanaman hortikultura andalan Nganjuk ini akibat faktor cuaca hingga pandemi Covid-19. Namun demikian jumlah bawang merah di Nganjuk masih melimpah. Apabila panen raya maka harga bawang merah sangat murah Rp. 10.000-12.000 /kg, hal ini tidak imbang dengan biaya penanaman dan pemeliharaan. . Para petani bawang merah di Nganjuk belum mempunyai pengetahuan tentang Teknologi untuk mengolah hasil pertanian hal ini mengakibatkan petani akan mengalami kerugian yang lebih besar. Dengan adanya kegiatan PPPUD akan Menciptakan teknologi pengolahan bawang merah dan membuat Diversifikasi produk olahan bawang merah khas Nganjuk menjadi produk unggulan olahan bawang merah di kabupaten Nganjuk. Sehingga Nganjuk sebagai penghasil Produk Unggulan Daerah dari Hulu hingga Hilir. Metode pelaksanaan dalam program PPPUD adalah : (1) Menciptakan teknologi pengolahan bawang merah dengan membuat alat mesin : pemotong daun bawang, penggiling bawang merah, pengupas bawang merah, pembersih bawang, pengiris bawang dan penggoreng bawang merah, (2) Melakukan pendampingan kepada petani bawang merah dalam membuat diversifikasi produk unggulan bawang merah seperti : (a) Bawang goreng herbal dan nabati, (b) Kerupuk bawang warna warni dengan bahan pewarna alami, (c) Tepung bawang merah rempah-rempah, (d) Pasta bawang merah kaya vitamin, (e) Suplemen kesehatan dari bawang merah, (f) Parfum ruangan herbal, dsb. (3) Membuat Aplikasi media pemasaran hasil produk olahan bawang merah yang berbasis E- Commerce yaitu untuk pemasaran produk secara elektronik.

References

Fauziyah, Handayani, Susanto, Rosanti, 2019, Aneka Produk Olahan Bawang Merah, Penerbit Indomedia Pustaka.

Rukmana, 2018 Prospek Agribisnis Bawang Merah, Penerbit Andi, Yogyakarta

Farid R. Abadi. Meningkatkan Nilai Tambah Bawang merah http://sulut.litbang.go.id/index.php/106-infoteknologi4/790-apa-nama-umum-bawang-merah

Fauziyah, Handayani, Susanto, Rosanti, 2019, Pengembangan Produk Unggulan Bawang Merah Lokal di Kabupaten Nganjuk, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Surabaya, Jawa Timur, Surabaya, 14-15 Agustus.

Sushanty, Dyah, 2016, Liputan Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk, Radar Nganjuk.

Sulistyo, Agus, 2020, Kabid Tanaman Hortikultura, Dinas Pertanian Nganjuk, Radar Nganjuk, 20 Mei 2020

Published
2020-08-22
How to Cite
Fauziyah, F., Handayani, T., Susanto, R. E. W., & Rosanti, A. D. (2020). DIVERSIFIKASI PRODUK UNGGULAN DAERAH BAWANG MERAH LOKAL KHAS NGANJUK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM. Prosiding SNasPPM, 5(1), 260-266. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/347