PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI GUGUS MELATI DI KB KHOIRIYATUSSIBYAN DESA GEDONGOMBO
Keywords:
perangkat pembelajaran, paud, akreditasiAbstract
Pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran sesuai standar isi akreditasi dilakukan dikarenakan banyaknya masukkan yang diberikan oeh guru-guru di tingkat Kelompok Bermain, dan Taman Kanak-kanak pada saat dilakukan observasi awal. Dengan mempertimbangkan masukka para guru dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia terutama di kelurahan Gedongombo, Kabuaten Tuban maka dilakukan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran. Pelatihan ini diikuti oleh 25 guru-guru ang tergabung dalam gugus 02 “Melati”. Dalam gugus 02 “melati”terdiri dri 3 Kelompok Bermain, dan 5 Taman Kanak-kanak. Produk yang dihasilkan dari pelatihan ini berupa: program tahunan; program semester; rencana pelaksanaan pembelajaran minguan; rencana pelaksanaan pembelajaran minguan; dan rubrik peniaian.
References
A. Diamond and D. S. Ling, “Conclusions about interventions, programs, and approaches for improving executive functions that appear justified and those that, despite much hype, do not,” Dev. Cogn. Neurosci., vol. 18, pp. 34–48, 2016.
N. Garon, S. E. Bryson, and I. M. Smith, “Executive function in preschoolers: a review using an integrative framework.,” Psychol. Bull., vol. 134, no. 1, p. 31, 2008.
W. S. Barnett, “The 2015 State Preschool Yearbook,” New Brunswick, NJ Natl. Inst. Early Educ. Res. Rutgers Univ., 2016.
A. Indarwarti, “Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode,” Psycho Idea, vol. 15, no. 2, pp. 108–118, 2018.
J. Willis, B. Weiser, and D. Kirkwood, “Bridging the Gap: Meeting the Needs of Early Childhood Students by Integrating Technology and Environmental Education.,” Int. J. Early Child. Environ. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 140–155, 2014.
A. Sari and A. Setiawan, “The development of internet-based economic learning media using moodle approach,” Int. J. Act. Learn., vol. 3, no. 2, pp. 100–109, 2018.
H. Hobri, “Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika),” Jember Pena Salsabila, 2010.
V. Y. Erviana, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Sosiokultural bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 2, pp. 222–232, 2016.
Y. Rahelly, “Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 12, no. 2, pp. 381–390, 2018.