PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PERUSAHAAN BATIK GEDOG HM. SHOLEH TUBAN

Authors

  • Yudi Supiyanto
  • Dikan Dikan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Perusahaan batik gedog HM.Sholeh Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dan dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen di Perusahaan batik gedog HM. Sholeh Tuban  yang berjumlah 60 responden. Sampling yang digunakan adalah Sampling jenuh, yaitu Teknik pengumpulan data dengan menyebar angket kepada responden, wawancara dan dokumentasi. Dan Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik Analisis dataenggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis korelasi berganda, dan Pengujian hipotesis menggunakan uji secara simultan (uji F), uji secara parsial (uji t) dan koefisien determinasi.

Hasil pengujian pada batik gedok HM. Sholeh Tuban didapatkan pengaruh parsial secara signifikan antara variabel kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan regresi secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel (2,947 > 2,002) dan nilai probabilitas thitung < dari 0,05 (0,005 < 0,05) dan kontribusi pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,253 atau 25,3%. Sementara itu didapatkan pengaruh parsial secara signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil perhitungan regresi secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel (7,901 > 2,002) dan nilai probabilitas thitung < dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan kontribusi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di batik gedok HM. Sholeh Tuban sebesar 0,677 atau 67,7%. Kemudian hasil pengujian pada variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di batik gedok HM. Sholeh Tuban menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikansi secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan konsumen di batik gedok HM. Sholeh Tuban dengan hasil perhitungan regresi secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (43,668 > 3,150) dan nilai probabilitas Fhitung < dari 0,05 (0,000 > 0,05) dan kontribusi pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,605 atau sebesar 60,5%.

References

Basith, Abdul, Srikandi Kumadji, Kadarisman Hidayat. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan (survei pada pelanggan De’Pans Pancake and Waffle di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 11. No. 1
Bahar, Arfiani dan Sjaharuddin, Herman. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Vol. 3.
Cahyani, Febby Gita. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5. No. 3.
Denissa, Eugenia Andrea. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management. Vol. 5. No. 3.
Marwanto, A. 2015. Marketing Akses. Penerbit Kobis. Yogyakarta.
Priansah, Doni J. 2017. Prilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sutama. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan R&D. Penerbit Fairuz Media. Surakarta.
Tjiptono, Fandy & Diana, A. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Penerbit Andy Offset. Yogyakarta.
Y. D. Purnama and W. Windrayadi, “TINGKAT PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 46–51, 2017, doi: 10.17977/um014v10i12017p046.
P. Windrayadi and Y. Dian, “Proses kreatif guru dalam pembelajaran ekonomi,” DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2016.
A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.
R. Awanda, K. Oktafianto, A. Z. Arifin, and N. Fatihah, “Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga,” Zeta-Math J., vol. 4, no. 2, pp. 34–39, 2019.
M. I. Joesidawati, S. Suwarsih, and A. W. Nuruddin, “Uji Kinerja Alat Pengasapan Ikan ‘EFHILINK,’” Fish. J. Perikan. dan Ilmu Kelaut., vol. 1, no. 2, pp. 67–72, 2019.
[M. I. Joesidawati and S. Suwarsih, “PELATIHAN PRODUK TONGKOL ASAP ‘SEHI’ ,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1 SE-Articles, Sep. 2019, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/257.
K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Yudi Supiyanto, & Dikan, D. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PERUSAHAAN BATIK GEDOG HM. SHOLEH TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 419–425. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/352