PENGARUH STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN PADA INDUSTRI KERAJINAN TENUN DAN BATIK ZAENAL DI KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Wahyu Sulistiyo Ningsih Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Diversifikasi Produk, Harga, Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak diversifikasi produk dan harga terhadap penjualan pada Industri Kerajinan Tenun dan Batik Zaenal di Kabupaten Tuban. Penelitian bersifat korelasional dengan  pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) tertutup dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dengan menggunakan SPSSv22. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan 1) Diversifikasi produk terhadap penjualan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,764 > 2,052) dan nilai probabilitas thitung < dari 0,05 (0,010 < 0,05) dan kontribusi pengaruh diversifikasi produk terhadap penjualan sebesar 0,379 atau 37,9%. 2) Harga terhadap penjualan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (3,856 > 2,052) dan nilai probabilitas thitung < dari 0,05 (0,001 < 0,05) dan kontribusi pengaruh harga terhadap penjualan sebesar 0,528 atau 52,8%. 3) Diversifikasi Produk dan Harga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penjualan. Fhitung > Ftabel (15,337 > 3,354) dan nilai probabilitas Fhitung < dari 0,05 (0,000 > 0,05) dan kontribusi pengaruh diversifikasi produk dan harga terhadap penjualan sebesar 0,532 atau 53,2%. Diharapkan penelitian dimasa yang akan datang dapat menelaah lebih dalam serta mengembangkan penelitian yang telah dilaksanakan ini, sehingga diharapkan penelitian yang akan datang lebih baik dari penelitian ini.

References

[1] Citra Neisia, Tembesi, J.A.F. Kalangi dan Olivia Walangitan. 2018. Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Produk Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Karombasan Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 3. ISSN: 2338-9605.
[2] Eko Karyanto, Fredika, dkk. 2015. Pengaruh Diversifikasi Produk, Kebijakan Harga dan Periklanan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Sedaap (Studi Kasus Pada PT. Wings Food Indonesia). Jurnal Manajemen BRANCHMARCK. ISSN : 2407-8239.

[3] Frandy Nurcahyo. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada Restoran MCDonald’s Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No. 4, April 2016. ISSN: 2461-0593.
[4] Harianto, Kukuh. 2016. Pengaruh Diversifikasi Produk terhadap Volume Penjualan Batik Tulis Aulya Kediri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMK). Vol. 1, No. 3. Hal: 266-274.
[5] Khamidi, S., Fauzi, A., & Suyadi, I. (2013). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada Perusahaan Konveksi "Faiza Bordir" Bangli-Pasuruan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 5, No. 2.
[6] Rafidah, Agustina Mutia, Indriani Ratih. 2017. Pengaruh bauran Pemasaran dan Diversifikasi Produk Terhadap Volume Penjualan Buah nanas di Desa Tangkit Baru Muaro Jambi. Jurnal Innovation. Vol. XVII. No. 1
[7] Widharta,W.P & Sugiharto, S (2013). Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan Penjualan toko damai. Jurnal manajemen pemasaran petra ,Vol. 2 No. 1 ,Hal 1-15
[8] M. I. Joesidawati, S. Suwarsih, and A. W. Nuruddin, “Uji Kinerja Alat Pengasapan Ikan ‘EFHILINK,’” Fish. J. Perikan. dan Ilmu Kelaut., vol. 1, no. 2, pp. 67–72, 2019.
[9] M. I. Joesidawati and S. Suwarsih, “PELATIHAN PRODUK TONGKOL ASAP ‘SEHI’ ,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1 SE-Articles, Sep. 2019, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/257.
[10] Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
[11] A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.
[12] R. Awanda, K. Oktafianto, A. Z. Arifin, and N. Fatihah, “Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga,” Zeta-Math J., vol. 4, no. 2, pp. 34–39, 2019.
[13] K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
[14] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
[15] A. Z. Arifin, K. Oktafianto, R. Awanda, and N. Fatihah, “Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume,” MathVisioN, vol. 1, no. 02, pp. 79–82, 2019.
[16] Y. D. Purnama and W. Windrayadi, “TINGKAT PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 46–51, 2017, doi: 10.17977/um014v10i12017p046.
[17] P. Windrayadi and Y. Dian, “Proses kreatif guru dalam pembelajaran ekonomi,” DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2016.

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Ningsih, W. S. . . (2021). PENGARUH STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN PADA INDUSTRI KERAJINAN TENUN DAN BATIK ZAENAL DI KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 456–462. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/356