PERAN IKLAN DONASI GEMA PEDULI COVID-19 DI FACEBOOK BAZNAS TUBAN DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL PADA MASYARAKAT KABUPATEN TUBAN
Keywords:
Peran Iklan BAZNAS Tuban, Menumbuhkan Kepedulian SosialAbstract
Kemudahan dalam mengakses akun media sosial telah membuat media sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Mereka dapat memainkan dimana saja, dan tentang apa saja. Penyakit dan kebutuhan manusia semakin hari semakin beragam jenisnya. Salah satu penyakit adalah Corona Virus Disease, (COVID-19). Virus ini ditemukan pertama kali di Cina pada tanggal 7 Januari 2020 dan masuk ke Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020. Penyebaran penyakit ini berdampak pada perekonomian masyarakat di seluruh Indonesia utamanya di daerah Kabupaten Tuban. Dampak penyakit ini mengakibatkan banyak warga Tuban yang hilang mata pencarian sehari-hari.
BAZNAS Kabupaten Tuban adalah lembaga pemerintah non struktural yang berada pada tingkat kabupaten yang diberi tugas untuk mengelola dana zakat, infaq dan sadaqah di Kabupaten Tuban. Selain mengelola dana zakat, infaq dan sadaqah BAZNAS Kabupaten Tuban juga ada program sosial yaitu Gema Peduli Covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Peran Iklan Donasi Gema Peduli Covid-19 di Facebook BAZNAS Tuban dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Pada Masyarakat Kabupaten Tuban. Dari paparan latar belakang diatas peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut yang kemudian dituangkan dalam sebuah penelitian terkait Peran Iklan Donasi Gema Peduli Covid-19 di Facebook BAZNAS Tuban dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Pada Masyarakat Kabupaten Tuban. adapun metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan penjelasan berdasarkan observasi dan wawancara yang dikumpulkan dari pihak BAZNAS Kabupaten Tuban. Penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Iklan Donasi Gema Peduli Covid-19 di Facebook BAZNAS Tuban dengan tujuan menumbuhkan kepedulian sosial pada masyarakat Kabupaten Tuban.
References
[2] Lesilolo H.J. 2018. Jurnal Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Vol. 4 No. 2.
[3] Sarlito Wirawan Sarwono, Teori- Teori Psikologi Sosial, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015), Hlm.215
[4] Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantaar. Bandung: Rosdakarya.
[5] Mc-Quail, Denis.2011. Teori komunikasi massa McQuail Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika..
[6] Prasetyo, D, D,. Yulianto,E & Sunarti. 2016. Pengaruh Iklan Secara Online Terhadap Keputusan Pembelian : Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G Lte. Vol. 41 No. 1
[7] Petunjuk Teknis Pelaksanaan BAZNAS Tanggap Bencana Goes To School Tema Khusus: Edukasi Kesiapsiagaan Covid-19 Dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.2020. BAZNAS Tanggap Bencana Gedung BAZNAS Tanggap Bencana
[8] Prasetyo, D, D,. Yulianto,E & Sunarti. 2016. Pengaruh Iklan Secara Online Terhadap Keputusan Pembelian : Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G Lte. Vol. 41 No. 1
[9] Santoso, E.D & Larasati, E. 2019. Benarkah Iklan Online Efektif untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Vol. 13 No. 1: 28-36
[10] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
[11] A. Muhid, M. Hadi, A. Fanani, A. Arifin, and A. Hanif, “The Effect of Hate Speech Exposure on Religious Intolerance Among Indonesian Muslim Teenagers,” 2019.