MAKNA PERSAHABATAN DALAM FILM “IT CHAPTER TWO”

Authors

  • Duwi Indrasari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Satya Irawatiningrum Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Film, Teori Semiotika Ferdinand de Saussure, Signifier,Signified

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna persahabatan dalam film It Chapter Two yang merupakan sekuel film It dan juga diadaptasi dari novel karya Stephen Hawking dengan judul It.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis semiotika dari Ferdinand de saussure. Penelitian ini akan ditinjau dari  Signifier (penanda) dan signified (petanda). Dimana Ferdinand de Saussure sebelumnya membagi tanda menjadi dua yaitu signifierdan signified . Signifier adalah hal-hal yang dapat dipahami oleh pikiran kita seperti bunyi dan gambar visual, sedangkan signified adalah kesan yang kita pikirkan dari apa yang ditangkap sehingga menimbulkan makna. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah: 1) Menonton dan mengamati secara cermat dari keseluruhan film It Chapter Two; 2) Memotong  scene-scene berupa dialog dan tindakan yang dilakukan oleh pemeran film It Chapter Two yang memiliki unsure persahabatan; 3) Mendeskripsikan hasil dari temuan baik dialog atau tindakan yang menggambarkan persahabatan dalam film; 4) Memasukkan scene-scene yang berhubungan dengan makna persahabatan ke dalam analisis tanda Ferdinand De Saussure yaitu Signifier(penanda) dan Signified(Petanda); dan 5) Melakukan intepretasi terhadap makna persahabatan  dalam film It Chapter Two berdasarkan apa yang telah di dapatkan  dari proses analisis menggunakan semiotika Ferdinand de Saussure. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan ditemukan dalam Film It Chapter Two terdapat makna persahabatan, baik dari tindakan secara langsung yang dilakukan tokoh maupun dialog antar tokoh dalam film It Chapter Two.

 

References

[1] Puspitasari, Dian Catur. 2018. Hubungan Kualitas Persahabatan dan Perenungan dengan Kemampuan Memaafkan Pada Remaja Akhir.Surabaya: Fakultas Psikologi dan Kesehatan.
[2] Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganiem. 2012. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Prenada Media Group.
[3] Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[4] Moelong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[5] Mulyana, Dedy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
[6]K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
[7] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Indrasari, D., & Irawatiningrum, S. (2021). MAKNA PERSAHABATAN DALAM FILM “IT CHAPTER TWO”. Prosiding SNasPPM, 5(2), 39–43. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/369