PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WANA WISATA PANTAI SOWAN KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Yuyun Suprapti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Gilang Ardian Syah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Miftachul Munir Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

persepsi, wisatawan, wisata pantai

Abstract

Wana Wisata Pantai Sowan merupakan salah satu objek wisata bahari di Kabupaten Tuban yang sudah cukup terkenal hingga ke luar daerah. Pantai Sowan memiliki beberapa wahana yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di pesisir Tuban. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristtik wisatawan, Fasilitas, layanan, objek, aksesibilitas, pengembangan objek wisata Pantai Sowan Berdasarkan tanggapan wisatawan. Metode yang digunalan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan, meringkaskan berbagai masalah, kemudian menarik ke permukaan sebagai suatu ciri atau gambaran tentang kondisi, situasi ataupun variabel tertentu. Teknik pengumpulan data meliputi data pripmer(Observasi, Wawancara, Dokumentasi) dan Data Sekunder (Studi literatur). Teknik Analisa data Meliputi Data reduction (Reduksi data), Data display (Pnyajian Data), Conclusion drawing (Penarikan kesimpulan) (Miles and Huberman dalam sugiono 2012). Hasil penelitian menunjukkan tanggapan wisatawan terhadap daya tarik wana wisata sowan, Wisatawan setuju jika fasilitas di dalam wana wisata sudah memadai. dalam hal pelayanan petugas, wisatawan setuju jika kualitas pelayanan di dalam wana wisata sudah baik.  Dari tanggapan wisatawan menyetujui jika aksesibilitas wana wisata sowan sudah memadai. Wisatawan sangat setuju jika dilakukan pengembangan terhadap wana wisata sowan

References

[1] Abdillah, D. (2016). Pengembangan Wisata Bahari di Pesisir Pantai Teluk Lampung. Jurnal Destinasi Kepariwisataan Indonesia Vol. 1 No. 1 , 49-50.
[2] Damasdimo, F. (2015). Studi Karakteristik Wisatawan dan Upaya Pengembangan Produk Wisata Tematik di Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo Baru Kabupaten Bantul. Studi Karakteristik Wisatawan dan Upaya Pengembangan Produk Wisata Tematik di Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo Baru Kabupaten Bantul , 311-313.
[3] Hidayat, M. (2016). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). Tourism & Hospitality Essential (THE) Journal , 33.

[4] Rif'an, A. A. (2012). Daya Tarik Wisata Pantai Wediombo Sebagai Alternatif Wisata Bahari Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Geografi STIPRAM Yogyakarta , 64.
[5] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[6] Sugiyono. (2015). Metode Penelitin Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.
[7] Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.
[8] K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
[9] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Yuyun Suprapti, Syah, G. A., & Munir, M. . (2021). PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WANA WISATA PANTAI SOWAN KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 44–52. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/370