CITRA FATAMORGANA DALAM KUMPULAN CERPEN SETANGKAI MELATI DI SAYAP JIBRIL KARYA DANARTO

Authors

  • Handoko Sucipto Utomo Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sri Yanuarsih Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

citra, fatamorgana, kumpulan cerpen setangkai melati di sayap jibril

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara objektif tentang Citra Fatamorgana dalam kumpulan cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerpen Setangkai Melati di Sayap Jibril karya Danarto. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskripsi. Data yang diperoleh yaitu berupa  fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini adalah pendekatan Sosiologi Sastra.Teknik pengumpulan data yaitu teknik Baca Catat dan teknik Kepustakaan. Teknik analisis data meliputi, Tahap Persiapan, Tahap Pengumpulan Teori, Tahap pengumpulan data, Tahap penyeleksian data, Tahap Analisis Data, Teknik penarikan kesimpulan, dan Tahap Penyusunan Laporan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Citra Fatamorgana merupakan sebuah tanda palsu yang seolah-olah nyata yang dianggap lebih nyata dari kenyataan yang real tetapi tidak dapat diterima menjadi kenyataan

References

[1] Ahyar Anwar. 2010. Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Ombak
[2] Piliang, Yasraf Amir. 2010. Sebuah Dunia yang Dilipat. Bandung: Matahari
[3] A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.
[4] A. Muhid, M. Hadi, A. Fanani, A. Arifin, and A. Hanif, “The Effect of Hate Speech Exposure on Religious Intolerance Among Indonesian Muslim Teenagers,” 2019.
[5] K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
[6] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Utomo, H. S. ., & Yanuarsih, S. (2021). CITRA FATAMORGANA DALAM KUMPULAN CERPEN SETANGKAI MELATI DI SAYAP JIBRIL KARYA DANARTO . Prosiding SNasPPM, 5(2), 53–56. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/371