STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA PELANG DESA TAHULU KECAMATAN MERAKURAK KABUPATEN TUBAN
Keywords:
Strategi Komunikasi, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS)Abstract
Kabupaten Tuban merupakan salah satu Kabupaten yang sedang gencar-gencarnya mengembangkan potensi pariwisatawan. Salah satunya adalah Desa Tahulu, Desa ini memiliki destinasi wisata edukasi berupa air sungai yang diisi dengan education ikan hias dan masih banyak juga wahana-wahana yang begitu sangat menarik para wisatawan, wahana di wisata pelang sendiri mayoritas di buat dengan kebersamaan warga Desa Tahulu. Dengan adanya wisata pelang ini membutuhkan strategi yang baik agar potensi yang ada dapat dikelola dan dikenal masyarakat. Oleh karena itu, dibentuklah Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) agar bisa merancang strategi yang baik. Strategi yang baik dapat diharapkan mendapatkan tanggapan positif di masyarakat dan pengunjung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Strategi komunikasi apa yang digunakan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam mempromosikan wisata pelang Desa Tahulu Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptof kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposisive sampling dengan jumlah informan enam orang. Pengumpulan data dalam teori ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan yakni teori Three Ways Strategy, teori ini yang akan mengembangkan strategi komunikasi wisata pelang Desa Tahulu Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa strategi yang digunakan oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) wisata pelang ini berpromosi melalui tatap muka atau face to face dan juga menggunakan media Online diantaranya Facebook, WhatsApp dan Intagram. Jadi dapat disimpulkan bahwa stretegi yang digunakan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) adalah dengan menggunakan promosi melalui Offline dan Online.
References
[2] Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Effendi Onong Uchjana, M.A. 2013 Ilmu Komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[4] A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.
[5] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
[6] Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tentang Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) (online) (https://dispmd.bulelengkab.go.id) diakses 6 April 2020
[7] Miswar, Riki, 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Wukirsari Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Batik Tulis Giriloyo Desa Wisata Wukirsari Imogiri (Online) (http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15952) diakses 6 April 2020
[8] Nurmayasari, Dhea, 2017. Strategi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri (Online) (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/18711/17073) diakes 6 April 2020