TRANSFORMSI NOVEL DAN FILM 3 SRIKANDI KARYA SILVARANI DAN IMAN BROTOSENO

Authors

  • Yunita Suryani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Listari Ismahani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

transformasi, ekranisasi, novel, film

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses transformasi alur, tokoh, dan latar baik, dalam kategorisasi aspek penciutan, penambahan, maupun perubahan bervariasi dalam proses transformasi novel ke bentuk film 3 Srikandi karya Silvarani dan Iman Brotoseno. Metode penelitian yang digunakan adalah komparatif. Sumber data penelitian ini adalah novel 3 Srikandi karya Silvarani dan film 3 Srikandi karya sutradara Iman Brotoseno. Fokus penelitian berupa proses transformasi alur, tokoh, dan latar. Data diperoleh dengan teknik membaca, teknik menonton, menyimak, Kepustakaan, dan teknik korpus data. Validitas data diperoleh dengan menggunakan validitas semantis dan validitas referensial, reliabilitas data diperoleh dengan menggunakan reliabilitas intrarater dan reliabilitas interrater. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan langkah langkah : 1) memilih teks sebagai objek utama peneliti. 2) membaca berulang novel untuk memahami dan mengidentifikasi permasalahan. 3) menentukan teori. 4)memusatkan permasalahan. 5) mengklarifikasi masalah dengan membuat tabel korpus. 6) mereduksi data. 7) interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses transformasi yang terjadi pada unsur alur, tokoh, dan latar, yaitu adanya penciutan, penambaham, dan perubahan bervariasi. Penciutan alur, tokoh, dan latar terjadi karena media yang digunakan dalam pembuatan novel dan film berbeda. Secara keseluruhan penciutan yang dilakukan dalam visualisasinya ke bentuk film masih wajar dilakukan karena penghilangan cerita, tokoh, dan latar diambil pada bagian yang tidak begitu penting untuk divisualisasikan. Penambahan alur, tokoh, dan latar dalam film secara keseluruhan masih relevan dangan cerita yang ada dalam novel. Kemunculan tersebut untuk menambah esensi film sehingga penonton akan terbawa masuk dalam alur cerita. Adapun untuk perubahan bervariasi alur, tokoh, dan latar yang dilakukan dalam visualisasinya ke bentuk film secara keseluruhan tidak jauh melenceng dari penggambaran yang ada pada novel.

References

Silvarani, 2016, 3 Srikandi. Jakarta: Gramedia.
Damono, Sapardi Djoko. 2005. Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat Bahasa.
Eneste, Pamusuk. 1991. Novel dan Film. Flores. Nusa Indah.
A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
Suhariyadi, 2014, Pengantar Ilmu Sastra. Lamongan: Pustaka Ilalang.
Sugihastuti, 2005. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Suryani, Y. ., & Ismahani, L. . (2021). TRANSFORMSI NOVEL DAN FILM 3 SRIKANDI KARYA SILVARANI DAN IMAN BROTOSENO. Prosiding SNasPPM, 5(2), 72–77. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/375