POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TUNAGRAHITA

STUDI KASUS DI SLB MUHAMMADIYAH SIDAYU GRESIK

Authors

  • Satya Irawatiningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nurul Meylissa Hanum Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pola komunikasi, orang tua, anak tunagrahita

Abstract

Komunikasi merupakan aktivitas yang dilakukan setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari. Proses komunikasi juga berhubungan dengan pola-pola yang terjadi saat proses tersebut berlangsung, komunikasi antarpribadi merupakan salah satu pola yang sering digunakan dalam kehidupan manusia. Dalam proses komunikasi dapat terjadi hambatan-hambatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pola komunikasi antara orang tua dan anak tunagrahita di SLB Muhammadiyah Sidayu Gresik. Fokus dari penelitian ini adalah pola komunikasi yang digunakan oleh orang tua dan anak tunagrahita dalam kehidupan sehari-hari. Landasan teori yang digunakan adalah konsep teori interaksi simbolik, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif yang didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Pola komunikasi antara orang tua dan anak tunagrahita di SLB Muhammadiyah Sidayu Gresik merupakan pola komunikasi antarpribadi yang lebih banyak menggunakan komunikasi nonverbal dalam kehidupan sehari-hari. Pola yang digunakan setiap orang tua dan anak tunagrahita pada SLB berbeda-beda, penggunaan pola tersebut menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak tunagrahita. Orang tua mengalami hambatan saat proses komunikasi berlangsung dengan anak tunagrahita, namun tidak ada hambatan yang terlalu sulit dalam menerapkan pola-pola yang digunakan karena setiap orang tua melakukan beberapa cara yang dianggap efektif ketika hambatan tersebut terjadi

References

[1] Nurudin. 2016. Sistem Komunikasi Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[2] A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.
[3] R. Awanda, K. Oktafianto, A. Z. Arifin, and N. Fatihah, “Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga,” Zeta-Math J., vol. 4, no. 2, pp. 34–39, 2019.
[4] K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
[5] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
[6] A. Z. Arifin, K. Oktafianto, R. Awanda, and N. Fatihah, “Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume,” MathVisioN, vol. 1, no. 02, pp. 79–82, 2019.
[7] M. I. Joesidawati, S. Suwarsih, and A. W. Nuruddin, “Uji Kinerja Alat Pengasapan Ikan ‘EFHILINK,’” Fish. J. Perikan. dan Ilmu Kelaut., vol. 1, no. 2, pp. 67–72, 2019.
[8] M. I. Joesidawati and S. Suwarsih, “PELATIHAN PRODUK TONGKOL ASAP ‘SEHI’ ,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1 SE-Articles, Sep. 2019, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/257.
[9] M. I. Joesidawati, S. Suwarsih, and A. Tribina, “ANALISA KUALITAS AIR DAN KOMPOSISI FITOPLANKTON PADA TAMBAK BUDIDAYA UDANG VANNAMEI DI KABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1 SE-Articles, Sep. 2019, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/263.
[10] M. I. Joesidawati, “KAJIAN KUALITAS AIR SEBAGAI DASAR PEMETAAN LOKASI BUDIDAYA LAUT DI PERAIRAN KABUPATEN TUBAN-JAWA TIMUR,” Techno-Fish, vol. 2, no. 2, pp. 59–70, 2018.
[11] M. I. Joesidawati, “Penilaian kerentanan pantai di wilayah pesisir Kabupaten Tuban terhadap ancaman kerusakan,” J.
[12] Y. D. Purnama and W. Windrayadi, “TINGKAT PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 46–51, 2017, doi: 10.17977/um014v10i12017p046.
[13] P. Windrayadi and Y. Dian, “Proses kreatif guru dalam pembelajaran ekonomi,” DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2016.

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Irawatiningrum, S., & Hanum, N. M. . (2021). POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TUNAGRAHITA : STUDI KASUS DI SLB MUHAMMADIYAH SIDAYU GRESIK. Prosiding SNasPPM, 5(2), 95–101. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/380