PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM KELUARGA CEMARA KARYA YANDY LAURENS

Authors

  • Wahyu Mulyani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rida Pujiharsulis Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Prinsip Kesantunan, Film, Keluarga Cemara,, Yandy Laurens

Abstract

Kesantunan berbahasa setiap orang berbeda-beda tergantung dengan konteks atau situasi tuturan dan jarak sosial antar individu. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengklasifikasikan, mendeskripsikan, serta menginterpretasikan makna tuturan yang terdapat dalam film Keluarga Cemara karya Yandy Laurens. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Objek penelitian ini adalah tuturan-tuturan atau dialog dalam film Keluarga Cemara. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang berupa kata-kata dan kalimat. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik simak catat dengan menggunakan instrumen berupa tabel dan matriks. Teknik analisis data penelitian ini berupa metode padan pragmatis dan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat tuturan-tuturan atau dialog yang memiliki muatan kesantunan berbahasa berdasarkan prinsip kesantunan Leech dalam film Keluarga Cemara karya Yandy Laurens.

References

Kuswoyo, K. 2016. Pendekatan Pragmatik Dalam Pembelajaran Bahasa. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 3(2), 158 - 167.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: KENCANA

Marzuqi, Iib. 2016. Pragmatik: dari Teori, Pengajaran, Hingga Penelitiannya. Lamongan: CV. Pustaka Ilalang.

http://id.m.wikipedia.org/wiki/film diakses 12 Mei 2020

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA. (Online) (https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metodologi+penelitian+kualitatif+dan+kuantitatif&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiBnofZ2uLpAhWDheYKHfh6DxwQ6AEIJTAA#v=onepage&q&f=false, diakses 20 Juni 2020)
A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017
Zaim, K. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press
A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Mulyani, W., & Pujiharsulis, R. (2021). PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM KELUARGA CEMARA KARYA YANDY LAURENS. Prosiding SNasPPM, 5(2), 108–111. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/382