PERAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA IKLAN BATIK RADHIKA TUBAN
Keywords:
Facebook, Iklan, Pesan Utama Iklan, The Institute of Practioners in Advertising, Batik Radhika TubanAbstract
Perkembangan teknologi komunikasi semakin mempermudah arus pertukaran informasi. Kehadiran Facebook sebagai salah satu jejaring sosial kini bertambah fungsi sebagai media untuk berbisnis. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar peran Facebook sebagai media iklan Batik Radhika Tuban. Penelitian ini menggunakan salah satu variabel dari bauran promosi yaitu periklanan menurut The Institute of Practioners in Advertising (IPA). Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan jika didalam penelitian ini kenyataannya ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dan obyek peneliti, serta lebih peka dan dapat menyesuaikan diri dengan banyak pengaruh terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Facebook tidak hanya berperan sebagai jejaring sosial saja, tetapi juga berperan sebagai media iklan bisnis online. Selain itu beriklan di Facebook juga bisa digunakan sebagai asset jangka panjang yang membuka pangsa pasar yang luas bagi pelaku bisnis online. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah, Facebook sebagai jejaring sosial yang kehadirannya semakin dimaksimalkan sebagai media bisnis online. Adanya Facebook tersebut memberikan peran tersendiri bagi para pelaku bisnis online yang menggunakan Facebook sebagai media iklan bisnisnya. Peran tersebut diantaranya : (1), Facebook sebagai media iklan yang dianggap cukup efektif oleh pemilik Batik Radhika Tuban. (2), Facebook berperan sebagai media komunikasi antara Batik Radhika Tuban dengan para konsumennya.(3), Facebook berperan sebagai wadah untuk mencari pelanggan dan terakhir Facebook memberikan dampak terhadap peningkatan penjualan pada Batik Radhika Tuban
References
[2] Severin, Werner J dan Tankard Jr James W. 2011. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
[3] Sutisna. 2018. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[4] A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.
[5] R. Awanda, K. Oktafianto, A. Z. Arifin, and N. Fatihah, “Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga,” Zeta-Math J., vol. 4, no. 2, pp. 34–39, 2019.
[6] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
[7] Celuch, K., Goodwin, S. & Taylor, S. A. 2007. Understanding Small Scale Industrial User Internet Purchase and Information Management Intentions: A Test of Two Attitude Models. Industrial Marketing Management, 36 (1): 211-221
[8] Purbohastuti, Arum Wahyuni. 2017. Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa EKONOMIKA. Vol. 12, No. 2.
[9] Abror, Fauzan Jatnika. 2015. Kelebihan Facebook Sebagai Media Komunikasi Jual Beli Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pemilihan Media Sosial Facebook Sebagai Media Jual Beli Online di Kalangan Remaja 12-21 tahun pada Group Facebook Forum Jual Beli Handphone Cirebon). Skripsi Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta
[10] Kristanto, Hari. 2010. Facebook Sebagai Media Komunikasi (Study Deskriptif Kualitatif Motivasi dan Persepsi Penggunaan Facebook Sebagai Media Komunikasi Jejaring Sosial Dalam Pertemanan Pada Mahasiswa Fisip UNS Non Reguler Angkatan 2007-2008). Skripsi Diterbitkan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta