ANALISIS ASPEK-ASPEK BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MEREKA

Authors

  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Berpikir kritis, intepretasi, analisis, menjelaskan

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai analisis aspek-aspek kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebagai langkah awal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kemampuan berpikir kritis mahasiswa, jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan objek penenlitian mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Angkatan 2014 sebanyak 55 orang. Aspek berpikir kritis yang diamati meliputi 3 aspek, yaitu: interpretasi, analisis, dan kemampuan menjelaskan. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa soal essay dengan materi biologi sel, data selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisi data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa untuk semua aspek yaitu, interpretasi, analisis, dan menjelaskan berada pada kategori kurang, dengan nilai untuk masing-masing berturut-turut adalah 52,79; 51,71; dan 51,78.

References

[1] Zubaidah. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Makalah: Seminar Nasional Sains. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya 16 Januari 2010.
[2] Galbreath, J. 1999. Preparing the 21 st Century Worker: The Link Beetween Computer Based-Technology and Future Skill. Educational Technology. Desember 14-22.
[3] Safilu. 2010. Hakekat dan Strategi Pembelajaran Biologi untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Siswa. Jurnal Penddikan Biologi. Volume 2. No.1
[4] Weissinger, P.A. 2004. Critical Thinking, Metacognition, and Problem –Based Learning. Dalam: Enhancing Thinking throughProblem- Based Learning Approaches. Nternational Perspektif. Edited by Tan.O.S. Copyrigh by Thomson. Singapore.
[5] Moon, J. (2008). Critical thinking An Exploration of Theory and Practice. Published by Routledge. USA and Canada.
[6] Halim, I. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume 3. No.2
[7] Duda, H.J. 2012. Praktikum Biologi Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume.3. No.2

Additional Files

Published

2021-05-06

How to Cite

Nuraida, D. (2021). ANALISIS ASPEK-ASPEK BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MEREKA. Prosiding SNasPPM, 5(2), 1–3. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/391