UJI VALIDITAS MEDIA ROKET PINTAR UNTUK MENGENALKAN ANGKA 1 – 10 PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

Authors

  • Kholifah Kholifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dahriana Fiza Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Roket Pintar, anak usia 4 – 5 tahun

Abstract

Perkembangan kognitif sangat penting untuk anak usia dini, salah satunya adalah mengenalkan angka, pada anak usia 4 – 5 tahun perlu adanya stimulus untuk mengenal angka, aak usia dini belajat dengan cara “belajar sambil bermain” maka dari itu penulis ingin membuat kreasi dari APE yang sudah ada tetapi dibuat semenarik mungkin untuk anak agar tidak mudah bosan dalam belajar angka, sehingga anak tidak mudah bosan dan bisa belajar sambil bermain, media yang penulis kembangkan ialah media Roket Pintar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Roket Pintar yang layak untuk pembelajaran anak usia 4 – 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau research and development. Langkah yang ditempuh meliputi (1) Studi pendahuluan atau observasi di lapangan; (2) Perencanaan penelitian; (3) Pengembangan produk awal; (4) Uji lapangan terbatas; (5) Revisi hasil uji lapangan; (6) Kelayakan produk untuk pembelajaran; (7) Revisi hasil uji kelayakan produk itu sendiri; dan (8) Revisi produk hasil lapangan. Produk diuji cobakan kepada dosen ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Roket Pintar yang telah dikembangkan melalui validasi ahli dinyatakan layak. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,33 termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 4,47 termasuk kategori layak.

References

[1] D. I. Efendi and I. A. S. Ekayati, “Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini,” Pros. SNasPPM, vol. 1, no. 1, pp. 28–32, 2017.
[2] Badru Zaman. 2006. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Taman Kanak-Kanak. Diunduh : http://badruzaman.staf.upi.edu/files/2011/12/materi-media-paud-upi.pdf. Diakses pada tanggal 01 Agustus 2020, pukul 21.00 WIB.
[3] Johni Dimyati. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD).Jakarta: KENCANA.
[4] Mayke S. Tedjasaputra. (2005). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
[5] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Kholifah , K., Fiza, D. ., & Ekayati, I. A. S. . (2021). UJI VALIDITAS MEDIA ROKET PINTAR UNTUK MENGENALKAN ANGKA 1 – 10 PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 149–153. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/395