UJI KELAYAKAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4- 5 TAHUN DI ERA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Devya Titin Agustina Universitas PGRI Ronggolawe
  • Anindya Purnama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

anak usia dini, kemampuan berhitung, pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Busy Book Untuk perkembangan kemampuan berhitung di era pandemi covid untuk anak usia 4-5 tahun yang layak digunakan pada pendampingan proses Belajar Di Rumah (BDR) untuk perkembangan berhitung anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan dar Borg and Gall. dengan menggunakan model pengujian level 1 (meneliti tanpa menguji). Model pengembangan ini memaparkan penelitian pengembangan dari sebuah produk dengan pengujian internal oleh ahli tanpa melakukan produksi masal dan pengujian lapangan. Dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: 1) Potensi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Desain teruji. Tempat penelitian adalah di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban dengan Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media. Dengan tiga validator ahli media dan dua validator ahli materi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis Deskripsi dan kuantitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran Busy Book untuk perkembangan berhitung. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 3,8 dengan kategori “Layak”. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 3,8 dengan kategori “Layak”. Dengan demikian, media Busy Book untuk perkembangan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran di era pandemi covid dalam program Belajar Di Rumah.

References

[1] I. A. S. Ekayati and D. I. Efendi, “Implementasi Model Pembelajaran Modified Inquiry pada Konsep Pengenalan Warna Anak Usia Dini,” Tarbiyatuna Kaji. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2019.
[2] C. D. Rosalina and R. Nugrahani, “Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 5, no. 1, pp. 54–63, 2019.
[3] P. D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan,” Pendekatan Kuantitatif, 2010.
[4] M. Sugiyono, “penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D),” Bandung Penerbit Alf., 2015

Additional Files

Published

2021-05-07

How to Cite

Ifa Aristia Sandra Ekayati, Agustina, D. T. ., & Purnama, A. (2021). UJI KELAYAKAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4- 5 TAHUN DI ERA PANDEMI COVID 19. Prosiding SNasPPM, 5(2), 154–158. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/396