HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP RUMAH ASAH MOTORIK

Authors

  • Siti Marli’ah universitas pgri ronggolawe tuban
  • Dewi Ayu Krisnawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Rumah Asah Motorik, Kemampuan Motorik halus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Rumah Asah Motorik sebagai media untuk menstimulasi kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini dilatar belakangi karena media pembelajaran untuk menstimulasi motorik halus pada anak masih kurang bervariasi sehingga anak mudah bosan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah instrumen uji kelayakan untuk ahli media. Instrumen uji kelayakan ini berupa angket. Angket penilaian instrumen ini digunakan untuk menunjukkan adanya tingkat kevalidan atau kelayakan media. Dalam penelitian ini digunakan angket penilaian untuk memvalidasi media pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitataif diperoleh dari penilaian kualitas produk berupa saran dari ahli media. Data kuantitatif yaitu skor yang didapat dari kuisioner yang diisi oleh ahli media. Hasil uji validasi dari media Rumah Asah Motorik menunjukkan bahwa uji media memperoleh skor 4,0 (baik), aspek isi memperoleh skor 3,5 (baik) dan aspek tampilan memperoleh skor 3,4 (baik). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Rumah Asah Motorik sebagai media pembelajaran yang edukatif, dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun.

References

[1] D. I. Efendi, “Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini,” J. Didakt., vol. 13, no. 3, pp. 11–18, 2015.
[2] S. Marli’ah, “Penerapan Permainan Sains Menggunakan Bahan Alam Air Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial EmosI,” Pros. SNasPPM, vol. 1, no. 1, pp. 33–38, 2017.
[3] Indradjaja,2017.https://docplayer.info/36293030-Bab-i-pendahuluan-kemampuan-motorik-halus-adalah-aktivitas-motorik-yang-melibatkan.html
[4] Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
[5] Eileen, K.A. & Marotz, L.R. 2010. Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Penerjemah: Valentino. Jakarta: PT Indeks.
[6] Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Penerjemah: Meitasari Tjandra dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
[7] Lolita Indraswari. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui KegiatanMozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD(Vol.1.No.1). Hlm.2.
[8] Marliza. 2012. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melukis Dengan Kuas Taman Kanak-Kanak Pasaman Barat. Jurnal Pesona PAUD(Vol.1.No.1). Hlm.1.
[9] Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Penerjemah: Mila Rachmawati S.Psi. dan Ama Kuswanti. Jakarta: Erlangga.

Additional Files

Published

2021-05-08

How to Cite

Marli’ah, S., & Krisnawati, D. A. (2021). HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP RUMAH ASAH MOTORIK. Prosiding SNasPPM, 5(2), 159–161. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/397