PENERAPAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10

Authors

  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Diana Lutfiahtul Rosiqoh Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kemampuan Membilang, Media Quiet Book

Abstract

Pembelajara kognitif dengan menerapkan metode bermain merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan prinsip bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Akan tetapi keberhasilan kegiatan pengembangan kognitif masih kurang optimal, sehingga peneliti merasa tergugah untuk menciptakan model pembelajaran yang lebih menarik dan tepat.Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui hasil belajar anak didik KB Aisyiyah Karangagung dalam mengenal konsep bilangan 1-10 setela diterapkannya metode bermain dengan menggunakan media quiet book. Mengetahui efektifitas penggunan media batu kerikil terhadap kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 dan untuk memperbaiki serta meningkatkan praktek pembelajaran dan menyenangkan.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, perbaikan, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah anak didik KB Aisyiyah Karangagung. Data yang diperoleh dari hasil penelitian melalui observasi percakapan dan penugasan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar untuk mengenal konsep bilangan 1-10 dan efektifan penggunaan media quiet book dengan dibarengi bermain adalah lebih baik dari pada hasil belajar dan minat anak sebelum menggunakan model pembelajaran tersebut itu terbukti ditandai dengan peningkatan penguasaan pada indikator-indikator kemampuan kognitif anak dari siklus I ke siklus II yaitu kemampuan untuk membilang atau menyebutkan urutan bilangan 1-10, mengenal konsep bilangan dengan benda 1-10, menunjukkan 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit. Anak terlihat lebih aktif, riang dan senang melakukan dalam mengikuti kegiatan atau pembelajaran

References

[1] R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.
[2] I. A. S. Ekayati and D. I. Efendi, “Implementasi Model Pembelajaran Modified Inquiry pada Konsep Pengenalan Warna Anak Usia Dini,” Tarbiyatuna Kaji. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2019.
[3] S. Suyanto, “Dasar-dasar pendidikan anak usia dini,” Yogyakarta Hikayat Publ., 2005.
[4] I. F. A. A. S. EKAYATI and D. FITRIANI, “Meningkatkan Keterampilan Sains Dalam Analisis Beragam Rasa Melalui Media Bahan Alam.
[5] S. Arikunto, “Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2,” Jakarta Bumi Aksara, 2012

Additional Files

Published

2021-05-08

How to Cite

Ifa Aristia Sandra Ekayati, & Rosiqoh, D. L. . (2021). PENERAPAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10. Prosiding SNasPPM, 5(2), 162–165. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/398