IMPLEMENTASI MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK RA MIFTAHUL HUDA DESA PUCANGAN

Authors

  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dina Masfufah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kemampuan Mengenal Huruf, Media Kartu Huruf

Abstract

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah bertugas memprsiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai penetahuan, sikap atau perilaku dan ketrampilan. Beberapa ahli psikologi anak menyatakan bahwa informasi awal yang di terima anak akan cenderung permanen dan menentukan perilaku anak pada tahapan berikutnya. Pengembangan kemampuan anak bersifat spesifik yang di dasarkan pada tugas-tugas pertumbuhan dan perkembangan yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kemandirian, berbahasa, kognitif, fisik motorik dan seni.Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan yang dimiliki setiap individu. Melalui kartu huruf anak mampu memahami konsep membaca dan dapat melakukan percobaan dengan cara mengamati proses dan hasil dari percobaan. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf pada anak RA Miftahul Huda Desa Pucangan Kecamatan Montong Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini di laksanakan di RA Miftahul Huda Desa Pucangan Kecamatan Montong Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020 subjek penelitan sejumlah 17 siswa. Data penelitian ini menggunakan observasi kegiatan siswa dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengolah skor hasil observasi yang di susun 4 aspek perkembangan peningkatan kemampuan membaca yaitu: Menjawab pertanyaan, membaca, berkomunikasi dengan teman, memahami permainan kartu huruf. Hal ini dapat di lihat pada hasil prestasi belajar siswa pada pra survey ,siklus I nilai rata-rata 6,15 termasuk kategori BB siklus I nilai rata-rata 7,25 termasuk katagori NB dan pada siklus II nilai rata-rata 13,85 termasuk kategori BSH. Sehingga terjadi peningkatan yang sangat signifikan.Meningkatan ketrampilan Membaca melalui media Kartu Huruf pada anak RA Miftahul Huda Desa Pucangan Kecamatan Montong Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020, dinyatakan berkembang sangat baik.

References

[1] I. F. A. A. S. EKAYATI and D. FITRIANI, “Meningkatkan Keterampilan Sains Dalam Analisis Beragam Rasa Melalui Media Bahan Alam.”
[2] T. Musfiroh, “Memilih, menyusun, dan menyajikan cerita untuk anak usia dini,” Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
[3] R. Moeslichatoen, “Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, cet ke-2 (Jakarta: PT Asdi Mahasatya,” 2004.
[4] S. Suyanto, “Dasar-dasar pendidikan anak usia dini,” Yogyakarta Hikayat Publ., 2005.
[5] M. Jamaris and S. Hartati, “The Role of the Undergraduate Students’ Self-regulation s and its Influence to their Academic Achievements,” Int J Multidiscip. Curr. Res, vol. 5, 2017.
[6] Arikunto S., “Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2,” Jakarta Bumi Aksara, 2012.
[7] Arikunto S., “dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT,” Bumi Aksara, 2008.

Additional Files

Published

2021-05-11

How to Cite

Efendi, D. I., & Masfufah, D. (2021). IMPLEMENTASI MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK RA MIFTAHUL HUDA DESA PUCANGAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 166–170. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/399