HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP MEDIA KALENDER HURUF UNTUK MENGENALKAN HURUF-HURUF ABJAD PADA ANAK

Authors

  • Siti Marli’ah universitas pgri ronggolawe tuban
  • Futri Anisa Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Kalender huruf, mengenal Abjad, anak paud

Abstract

Jenis penelitian dan pengembangan adalah jenis penelitian untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji produk tersebut. Produk yang dikembangkan akan di uji coba dan setiap uji coba akan diakan evaluasi. model ASSURE menggabungkan semua kegiatan instruksional, mulai dari merancang kegiatan yang baik diawali dengan timbulya minat siswa kemudian menyajikan materi baru, melibatkan siswa pada kegiatan pembelajaran dengan adanya umpan balik, memberikan nilai dan evaluasi yang relevan. Berdasarkan dari kajian pustaka dalam bab II dan disempurnakan dengan hasil penelitian yang terdapat dalam bab IV, maka diperoleh hasil data kuantitatif dan kualitatif dari produk Kalender huruf abjad yang telah direvisi dan diujicobakan pada setiap subjek uji coba. Dari uji coba perseorangan dengan ahli materi, ahli media dan siswa diperoleh hasil masing-masing sebesar 88,89%, 68,5%, 88,89% dengan kategori baik sekali, baik, dan baik sekali. Ujicoba kelompok kecil diperoleh 88,89% dengan kategori baik sekali dan ujicoba kelompok besar diperoleh 73,4% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut Kalender huruf abjad dikataan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untk anak TK.

References

[1] I. A. S. Ekayati and D. I. Efendi, “PROFIL PRAKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 3, no. 1, pp. 96–99, 2018.
[2] Arsyad, Azhar, 2011.Media Pembelajaran, cet. Ke-15, Jakarta; Raja Grafindo Persada,
[3] A. H. Aminudin, R. Adimayuda, I. Kaniawati, E. Suhendi, A. Samsudin, and B. Coştu, “Rasch analysis of Multitier Open-ended Light-Wave Instrument (MOLWI): Developing and assessing second-years sundanese-scholars alternative conceptions,” J. Educ. Gift. Young Sci., vol. 7, no. 3, pp. 557–579, 2019, doi: 10.17478/jegys.574524.
[4] C. D. Rosalina and R. Nugrahani, “Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 5, no. 1, pp. 54–63, 2019.
[5] S. Arikunto, “Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2,” Jakarta Bumi Aksara, 2012.
[6] S. Arikunto, “dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT,” Bumi Aksara, 2008.
[7] S. P. Anak, “Arikunto, Suharsimi.(1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.,” Universitas (Stuttg)., 2009.
[8] Asnawir& Usman, M. Masyiruddin, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta; Ciputat Pers,
[9] Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[10] Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Pengembangan Model Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Jakarta: Direktorat Jenderal Majamenen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar,
[11] Sadiman, Arief S dkk. 2007. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta Utara: PT. RajaGrafindo Persada.
[12] Sujiono, 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, cet. Ke-5, (Jakarta: Indeks,

Additional Files

Published

2021-05-11

How to Cite

Marli’ah, S., & Anisa, F. (2021). HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP MEDIA KALENDER HURUF UNTUK MENGENALKAN HURUF-HURUF ABJAD PADA ANAK. Prosiding SNasPPM, 5(2), 171–175. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/400