HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP MEDIA FLANEL PINTAR UNTUK MENGENALKAN ANGKA 1-10 PADA ANAK

Authors

  • Siti Marli’ah universitas pgri ronggolawe tuban
  • Hany’atur Rahmah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media flanel pintar, kemampuan mengenal angka

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan Flanel Pintar sebagai media untuk mengenalkan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilatar belakangi karena media pengenalan angka pada anak masih menggunakan buku tulis atau lembar kerja anak (LKA). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah instrumen uji kelayakan untuk ahli media. Instrumen uji kelayakan ini berupa angket. Angket penilaian instrumen ini digunakan untuk menunjukkan adanya tingkat kevalidan atau kelayakan media. Dalam penelitian ini digunakan angket penilaian untuk memvalidasi media pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitataif diperoleh dari penilaian kualitas produk berupa saran dari ahli media. Data kuantitatif yaitu skor yang didapat dari kuisioner yang diisi oleh ahli media. Hasil uji validasi dari media Flanel Pintar menunjukkan bahwa uji media memperoleh skor 4,0 (baik), aspek isi memperoleh skor 3,6 (baik) dan aspek tampilan memperoleh skor 3,5 (baik). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Flanel Pintar sebagai media pembelajaran yang edukatif, dapat digunakan mengenalkan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.

References

[1] S. Marli’ah, 2019. “Mengoptimalkan Kemampuan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 5, no. 1, pp. 39–53.
[2] S. Suyanto, “Dasar-dasar pendidikan anak usia dini,” Yogyakarta Hikayat Publ., 2005.
[3] Miarso, Y. H. 2004. Media dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta:Prenda Media
[4] Nana, S. dan Ibrahim, R. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung:Sinar Baru

Additional Files

Published

2021-05-11

How to Cite

Marli’ah, S., & Rahmah, H. . (2021). HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP MEDIA FLANEL PINTAR UNTUK MENGENALKAN ANGKA 1-10 PADA ANAK. Prosiding SNasPPM, 5(2), 176–179. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/401