UJI VALIDITAS MEDIA BUSY BOOK KAIN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe
  • kholifah kholifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Henita Henita Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Busy Book, kain flanel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini yang menuganakan media butian sebagai media penunjangn untuk kelangsungan pembelajaran. Menurut hasil surve PISA dan TIMSS menyatakan bahwa kemampuan berbahasa anak usia 3-4 tahun Indonesia termasuk dalam kategori rendah. Penelitian awal ini merupakan penelitian pengembangan media Busy Book Kain Flanel berbasis literasi sains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains khususnya anak usia dini Pengembangan media Busy Book Kain Flanel ini dibuat berdasarkan tujuh indikator literasi sains. Media Busy Book Kain Flanel ini di uji dengan satu validator, yaitu validasi isi.Hasil dari uji validatas tersebut menyatakan 80% validasi ahli isi.Berdasarkan hasil validasi tersebut validasi ahli isi menunjukkan media Busy Book termasuk dalam katergori layak. Maka dapat disimpulkan bahwa Busy Book Kain Flanel ini dapat menjadi salah satu alat pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak didik khususnya pada pendidikan anak usia dini.

References

[1] I. A. S. Ekayati and D. I. Efendi, “PROFIL PRAKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 3, no. 1, pp. 96–99, 2018.
[2] Maria Ulfa. 2014. Pengembangan Media Bussy Book Dari Kain Fanel. Fakultas Ilmu Tabiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
[3] Cecep, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Jl Tambra Raya No.23 Rawamangun
[4] Arief S. Sadiman. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
[5] Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran, Ed. Revisi- cet.19. Jakarta: Rajawali Pers.

Additional Files

Published

2021-05-11

How to Cite

Ifa Aristia Sandra Ekayati, kholifah, kholifah, & Henita, H. (2021). UJI VALIDITAS MEDIA BUSY BOOK KAIN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 180–182. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/402