MENINGKATKAN DAYA KOGNITIF PSIKOMOTOR DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR UNTUK MEMECAHKAN MASALAH SEDERHANA DALAM PERMAINAN
Keywords:
Daya kognitif psikomotor, memecahkan masalah sederhanaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kemampuan/daya kognitif anak dengan media ular tangga pintar untuk memecahkan masalah sederhana dalam permainan. Penelitian ini meliputi beberapa indikator yang telah dicapai dalam memecahkan masalah sederhana. Dalam memecahkan masalah, peneliti menggunakan metode demonstrasi dalam penyampaian materi dan tata cara bermain. Adapun hasil dari penelitian memberikan pengalaman baru untuk anak dalam proses pembelajaran, sehinnga anak lebih aktif dan menambah minat belajar anak. Merubah media terlihat menarik dan tidak monoton serta mampu membantu anak memecahkan masalah sederhana dengan cara yang menyenangkan. Dengan adanya ular tangga pintar yang mampu memberikan motivasi dan minat anak yang lebih besar akan membantu proses perkembangan kognitif psikomotor anak. Anak menggunakan permainan ular tangga pintar akan membantu proses berpikir anak lalu anak akan melakukan tindakan yang sesuai apa yang dipikirkan anak setelah anak melakukan tindakan, anak akan timbul rasa kerjasama dan taat terhadap aturan permainan. Hasil paling signifikan adalah saat anak melakukan kegiatan dengan berulang-ulang akan mampu meningkatkan kemampuan daya kognitif psikomotor anak secara optimal sesuai ketuntasan yang diinginkan.
References
[2] I. A. S. Ekayati, D. imam Efendi, and S. Sumadi, “PENGEMBANGAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PAUD,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 1, pp. 79–83, 2020.
[3] Arikunto. 2012. Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2, Jakarta Bumi Aksara, 2012.
[4] Depdiknas. 2009. Permendiknas No.58 Tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK, SD: Depdiknas.
[5] Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Edisi I. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
[6] Husdarta & Nurlan. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Alfabeta. Bandung.