HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP DADU FLANEL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK

Authors

  • Siti Marli’ah universitas pgri ronggolawe tuban
  • nur faizah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media dadu flanel, kemampuan, bentuk geometri

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan Dadu Flanel sebagai media untuk mengenalkan bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurang menariknya media untuk pengenalan geometri pada anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah instrumen uji kelayakan untuk ahli media. Instrumen uji kelayakan ini berupa angket. Angket penilaian instrumen ini digunakan untuk menunjukkan adanya tingkat kevalidan atau kelayakan media. Dalam penelitian ini digunakan angket penilaian untuk memvalidasi media pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitataif diperoleh dari penilaian kualitas produk berupa saran dari ahli media. Data kuantitatif yaitu jumlah yang didapat dari kuisioner yang diisi oleh ahli media. Hasil uji validasi dari media Dadu Flanel menunjukkan bahwa uji kelayakan media ditinjau dari aspek desain media yang dikembangkan pada tahap awal memperoleh jumlah 52% yang berada pada katagori “Cukup Layak”. Kemudian pada tahap kedua melakukan validasi media dengan sedikit revisi mendapat jumlah 72% yang tergolong pada kategori “Layak”. Jadi sesuai dengan hasil validasi dari ahli media terhadap media dadu flanel yang dikembangkan mendapatkan kategori yang tergolong ”Layak”. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Dadu Flanel sebagai media pembelajaran yang edukatif, dapat membantu menstimulasi kemampuan mengenalkan bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun.

References

[1] Ridha, M. D. 2017. Pengenalan Geometri Anak Usia Dini Melalui Media Manipulatif. (Online). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/download/12703/pdf_1, diakses 29 Juli 2020)
[2] Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Penerbit PERDANA PUBLISHING. Medan
[3] Guslinda & Kurnia, R. 2018. MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Penerbit CV Jakad Publishing. Surabaya
[4] Setiawan, E. 2019. KBBI Online Versi 2.8. edisi III, (Online), (https://kbbi.web.id/ dadu, diakses 05 Juni 2020)
[5] Sugiyono. 2019. Metode penelitian dan pengembangan ( research and development/ R&D). Bandung : Alfabeta

Additional Files

Published

2021-05-11

How to Cite

Marli’ah, S., & faizah, nur. (2021). HASIL UJI KELAYAKAN AHLI MEDIA TERHADAP DADU FLANEL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK. Prosiding SNasPPM, 5(2), 187–189. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/404