PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA KARDUS AJAIB UNTUK MENGENALKAN HURUF ATAU ABJAD PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN USIA 3-4 TAHUN
Keywords:
mengenal huruf, media boneka kardus ajaib, kelompok bermain usia 3-4 tahunAbstract
Proses pembelajaran anak usia dini tidak terlepas dari prinsip pembelajaran anak usia dini yaitu bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Pengembangan media Boneka Kardus Ajaib dirancang berdasarkan prinsip media pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media Boneka Kardus Ajaib untuk mengenalkan huruf atau abjad pada anak Kelompok Bermain usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan “Research and Development” (R&D) dengan model pengembangan Thiagarajan. Langkah-langkah pengembangan yang ditempuh meliputi pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Kelayakan produk didasarkan pada uji validasi dari ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis dekskriptif. Teknik analisis data yang digunakan terhadap kualitas produk adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis data terhadap kualitas dan kelayakan produk melalui hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media dengan menggunakan instrument angket. Media Boneka Kardus Ajaib merupakan produk baru dalam pembelajaran mengenal huruf atau abjad yang pernah dilihatnya untuk anak Kelompok Bermain usia 3-4 tahun. Berdasarkan hasil uji validasi dari ahli media dan ahli materi bahwa validitas materi dan media diperoleh hasil kategori valid. Hasil penelitian ini meenyimpulkan bahwa media Boneka Kardus Ajaib layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran mengenal huruf anak usia 3-4 tahun
References
[2] Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
[3] Seefeldt, Carol & Barbara A. Wasik. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini menyiapkann anak usia tiga, empat dan lima tahun masuk sekolah. (Ed. ke-2)(diterjemahkan Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks.
[4] Sujiono, N. Yuliani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
[5] Suyadi. 2016. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
[6] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
[7] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development R&D. Bandung: CV Alfabeta.