PENGEMBANGAN MEDIA BOLA TERJUN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Laeli Farida Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Marli'ah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media bola terjun, kemampuan mengenal angka, anak usia 4-5 tahun

Abstract

Pendidikan secara umum dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi – potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Usaha-usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma tersebut serta mewariskannya kepada generasi berikutnyapuntuk dikembangkan dalam hidup dan kehidupanayang terjadi dalam suatu proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan Bola terjun sebagai media untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilatar belakangi karena media dan kemampuan mengenal angka anak yang masih kurang yang disebabkan kurangnya variasi penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dan kurangnya keterlibatan anak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dipilih untuk mengetahui bagaimana hasil dari validasi yang dilakukan oleh ahli media untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam penyusunan instrument yang menjadi acuan utama peneliti dalam menyusun angket, terdiri atas angket tentang materi pembelajaran dan isi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah Instrumen uji kelayakan untuk ahli materi. Instrumen uji kelayakan ini berupa angket. Angket penilaian instrumen ini digunakan untuk menunjukan adanya tingkat kevalidan atau kelayakan suatu instrumen. Dalam penelitian ini digunakan angket penilaian untuk mengvalidasi media pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh penilaian kualitas produk berupa saran dari ahli materi. Data uji validasi kuantitatif yaitu skor yang didapat dari kuesioner yang di isi oleh dan ahli materi. Hasil menunjukkan bahwa dari hasil validasi isi materi memperoleh skor 4,06 (kriteria baik). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Bola Terjun sebagai media pembelajaran yang edukatif dapat digunakan untuk mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.

References

[1] Sujiono, Y.N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
[2] Hildayani, R. 2005. Psikologi Perkem bangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
[3] Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] S. Marli’ah, “Pengaruh Permainan Sains Terhadap Perkembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini,” JCE (Journal Child. Educ., vol. 2, no. 1, 2019.
[5] R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.
[6] Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
[7] Muktiani, N.R. 2008. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA. (Tesis). Yogyakarta: PPs UNY.

Additional Files

Published

2021-05-11

How to Cite

Permata, R. D., Farida, S. L., & Marli'ah, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA BOLA TERJUN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 197–200. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/408