MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A-Z MELALUI MEDIA CANTOL KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI RA JA’FARIYAH DESA KANTEN KEC. TRUCUK KAB. BOJONEGORO

Authors

  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Priheni Universitas PGRI Ronggolawe
  • kholifah kholifah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

mengenal huruf A-Z, cantol kartu huruf

Abstract

Dalam pembelajaran kemampuan mengenal huruf a – z pada kelompok A di RA Ja’Fariyah Desa Kanten kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, masih banyak peserta didik yang belum mampu menunjukkan bentuk – bentuk simbol huruf, mengenal huruf awal dan menyebutkan lambang – lambang huruf sesuai suara. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan anak tersebut dalam mengenal huruf a- z yaitu melalui media cantol kartu huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf a- z pada anak kelompok A di RA Ja’Fariyah Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro Tahun pelajaran 2019/2020 melalui media cantol kartu huruf. Subjek penelitian adalah anak kelompok A RA Ja’Fariyah Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro sejumlah 15 anak dan seorang guru pendidikan anak usia dini.d Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa dan hasil observasi guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus mempunyai 4 tahap yaitu perencanaan penelitian, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil atau tuntas individu apabila hasil belajarnya ≥ 65 % dan suatu kelas dikatakan tuntas belajarnya jika terdapat ≥ 85% siswa yang telah tuntas belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan : (1) ketuntasan belajar anak pada siklus 1sebesar 60% dan pada siklus II ketuntasan belajar anak mencapai 65%, dengan arti bahwa pada siklus I ketuntasan belajar kelas belum tercapai, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar anak sudah tercapai

References

[1] A. S. Ifadah, R. D. Permata, and N. Makhmudiyah, “MEDIA AUDIO DAN PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI,” JIEEC (Journal Islam. Educ. Early Childhood), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
[2] Permendikbud 137 dan 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD
[3] Arikunto, Suharsimi; Suhardjono, dan supardi. 2010. Penelitian tindakan kelas : Bumi Aksara.
[4] Online/daring, K. B. B. I. (KBBI) K. versi. (2020). KBBI. http://kbbi.web.id/media [5] Azhim, S. A. 2011. Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Gema Insani Press.

Additional Files

Published

2021-05-11

How to Cite

Permata, R. D., Priheni, S. ., & kholifah, kholifah. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A-Z MELALUI MEDIA CANTOL KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI RA JA’FARIYAH DESA KANTEN KEC. TRUCUK KAB. BOJONEGORO. Prosiding SNasPPM, 5(2), 206–211. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/409