PENERAPAN MEDIA TUTUP BOTOL UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A KB MANBAUL HUDA DESA KUNIR KEC. PLUMPANG KAB. TUBAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Tartila Afshoch Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media tutup botol, mengenal konsep bilangan

Abstract

Pembelajaran kognitif dengan menerapkan metode bermain merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan prinsip bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Akan tetapi keberhasilan kegiatan pengembangan kognitif masih kurang optimal, sehingga peneliti merasa tergugah untuk menciptakan model pembelajaran yang lebih menarik dan tepat.Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui hasil belajar anak didik kelompok A dalam mengenal konsep bilangan 1-10 setela diterapkannya metode bermain dengan menggunakan media tutup botol. Mengetahui efektifitas penggunan media batu kerikil terhadap kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 dan untuk memperbaiki serta meningkatkan praktek pembelajaran dan menyenangkan.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, perbaikan, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah anak didik KB Manbaul Huda Desa Kunir Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh dari hasil penelitian melalui observasi percakapan dan penugasan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar untuk mengenal konsep bilangan 1-10 dan efektifan penggunaan media tutup botol dengan dibarengi bermain adalah lebih baik dari pada hasil belajar dan minat anak sebelum menggunakan model pembelajaran tersebut itu terbukti ditandai dengan peningkatan penguasaan pada indikator-indikator kemampuan kognitif anak dari siklus I ke siklus II yaitu kemampuan untuk membilang atau menyebutkan urutan bilangan 1-10, mengenal konsep bilangan dengan benda 1-5, menunjukkan 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit. Anak terlihat lebih aktif, riang dan senang melakukan dalam mengikuti kegiatan atau pembelajaran

References

[1] Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Standart Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
[2] Anwar Desi. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Surabaya: Karya Abdi Tama.
[3] Arikunto. Suharsimi, 2007. penelitian tindakan kelas. Jakarta : Bumi aksara.
[4] Deporter, Bobbi. 2004. Quantum Learning: The jenius in you (Quantum learning: Membiasakan Belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Bandung Kaifa
[5] Musfiroh. 2004. Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah (Stikulasi Multiple Intelligen Ces Anak Usia Dini). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Subdit PGTK dan PLB
[6] Ibrahim, dkk. 2001. Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
[7] Kemmis dan Taggart. 1988. Model Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Based Action and Research).
[8] Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[9] Moeslihatoen. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
[10] Nawawi, Hidari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nugrahani, R., & Afshoch, T. . (2021). PENERAPAN MEDIA TUTUP BOTOL UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A KB MANBAUL HUDA DESA KUNIR KEC. PLUMPANG KAB. TUBAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Prosiding SNasPPM, 5(2), 217–220. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/411