PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR SEBAGAI PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Virdawati Ari Kesuma Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media roda putar, konsep bilangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media roda putar sebagai pengenalan konsep bilangan anak usia 4 sampai 5 tahun serta mengetahui tingkat kelayakan media tersebut. Pengembangan media ini dilatarbelakangi karena kurangnya media pembelajaran yang menarik sebagai penyampaian materi kepada anak usia empat sampai lima tahun terutama dalam mengenal konsep bilangan. Pengembangan media Roda Putar dirancang berdasarkan prinsip media pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan “Research and Development” (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall, yang terdiri dari 10 langkah menjadi 5 langkah pengembangan yang ditempuh sesuai kebutuhan, meliputi a) analisis potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain,. Untuk mengetahui kelayakan produk didasarkan pada uji validasi dari ahli materi dan ahli media. Analisis data terhadap kualitas dan kelayakan produk melalui hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media dengan menggunakan instrument angket. Hasil uji validasi dari media Roda Putar menunjukkan bahwa uji media memperoleh presentase 92,5% yang berkategori ‘sangat layak’. Penilaian aspek kelayakan materi dari ahli materi memperoleh presentase 75% yang berkategori ‘sangat layak’. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Roda Putar sebagai media pembelajaran yang edukatif, dapat digunakan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun.

References

[1] Dacholfany, I, M & Hasanah, U. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta : Amzah.
[2] R. Nugrahani, “Perkembangan Kognitif Anak Melalui Penerapan Bermain Table Toys Balok Atribut Di Taman Kanak-Kanak,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 1, no. 1, pp. 20–30, 2015.
[3] Seefeldt, C & Wasik, A, B. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT Indeks
[4] Guslinda, & Rita. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya [5] Khairunnisa, Wardah. 2017. Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI Sma Angkasa Adisutjipto. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. [6] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta. [7] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nugrahani, R., & Kesuma, V. A. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR SEBAGAI PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 221–223. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/412