KELAYAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TOKOH PEWAYANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Keywords:
Media audio visual, Tokoh Pewayagan, Kemampuan berbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual dengan inovasi pengenalan tokoh pewayangan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun dan untuk mengetahui kelayakan media tersebut untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Metode penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development). Di mana pada masa pandemi ini tidak memungkinkan untuk dilakukan uji validasi lapangan dalam skala luas, maka uji validasi produk hanya dilakukan oleh validator yang berupa dosen ahli, yakni dengan tiga ahli media dan dua ahli materi. Hasil analisis data dalam penelitian ini setelah dilakukan uji validasi menunjukkan bahwa media audio visual tokoh pewayangan layak untuk digunakan dengan rata-rata hasil uji ahli media 4,5 dan persentase 91% serta kriteria sangat layak sedangkan rata-rata hasil uji ahli materi 3,5 dan persentase 70% serta kriteria layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual pengenalan tokoh pewayangan dalam kriteria layak untuk dipakai dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun
References
F. N. Apriliyana, “Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 109–118, 2020.
A. S. Ifadah, R. D. Permata, and N. Makhmudiyah, “MEDIA AUDIO DAN PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI,” JIEEC (Journal Islam. Educ. Early Childhood), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2), 177-186
K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.