INTERAKSI ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA LAJUKIDUL KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Firdausi Nuzula Apriliyana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Zahrotun Ni’mah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Anindya Purnama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

interaksi orang tua, perkembangan bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memberikan informasi, serta menjadi pedoman bagi orang tua maupun guru dalam mendidik anak, serta untuk mengetahui tentang adanya hubungan yang signifikan antara interaksi orangtua dengan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif jenis korelasional. Pada penelitian ini menggunakan populasi sebesar 90 anak di Desa Lajukidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban yang berusia 4-5 tahun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 90 anak, serta dapat diketahui dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variable dalam penelitian ini yaitu interaksi orangtua dan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan kuesioner atau angket, dan instrument penelitian yang digunakan yaitu dengan checklist. Uji validitas di dalam penelitian ini menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di Desa Lajukidul Kec. Singgahan Kab. Tuban

References

Rita E. Izzaty, Siti Partini Suardiman, Yulia Ayriza Purwandari, Hiryanto, Rosita E. Kusmaryani. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Nina W. Syam. 2009. Sosiologi Komunikasi. Bandung: Humaniora.

Husein Umar. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) beserta penjelasannya.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Apriliyana, F. N. ., Ni’mah, Z. ., & Purnama, A. . (2021). INTERAKSI ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA LAJUKIDUL KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 228–231. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/414