VALIDITAS HANDOUT BIOLOGI KELAS VII BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI FOTOSINTESIS

Authors

  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe
  • Bonasri Bonasri Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Handout, Inkuiri Terbimbing, Berfikir Kritis

Abstract

Pembelajaran biologi dilakukan sesuai dengan amanat kurikulum 2013 yang menekankan peserta didik untuk lebih aktif dalam memahami dan menanggapi ilmu pengetahuan yang disampaikan, selain itu kemampuan berfikir kritis juga ditekankan. Karena kemampuan berfikir kritis dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah, serta mampu membedakan antara fakta , opini serta bisa menjadikan peserta didik lebih aktif. Sehingga dibutuhkan bahan ajar untuk memfasilitasi peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain handout biologi kelas VII berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada materi fotosintesis yang berkualitas dilihat dari kevalidan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang terdiri dari 10 tahap, namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai 5 tahap yang meliputi 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; dan 5) revisi desain sesuai dengan saran dan komentar dari validator. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar validasi ahli bahasa. Hasil analisis validitas dari validasi ahli media menunjukan skor 87,5% dengan kriteria sangat valid, sedangkan validasi ahli materi menunjukan skor 92,4% dengan kriteria sangat valid, dan validasi ahli bahasa menunjukkan skor 85% dengan kriteria sangat valid. Dari hasil penelitian menunjukkan handout biologi berbasis inkuiri terbimbing ini layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji validitas

References

Sari, S. U. 2019. Penentuan Validitas Modul Ikatan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing. EduKimia Journal, 1(2), 69–76.

Nurbaiti, N., Ertikanto, C., & Wahyudi, I. 2016. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 4(2), 119454

Wafiroh, M., Handhika, J., & Kurniadi, E. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 102–109

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Novitaningrum, M. Parmin, & Pamelasari, D. 2014. Pengembangan Handout IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Pada Tema Mata Untuk Kelas IX Siswa MTS Al-Islam Sumurejo. Unes Science Education Journal, 3 (2), 542-548.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nuraida, D., & Bonasri, B. (2021). VALIDITAS HANDOUT BIOLOGI KELAS VII BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI FOTOSINTESIS. Prosiding SNasPPM, 5(2), 232–237. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/415