VALIDITAS MODUL BIOLOGI KELAS VII BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe
  • isnani isnani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Modul Biologi, Problem Solving, pencemaran lingkungan

Abstract

Pada kurikulum 2013 ini menghendaki suatu proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Siswa perlu dilatih untuk lebih peka terhadap permasalahan yang ada dilingkungan, sehingga dibutuhkan sebuah bahan ajar untuk memfasilitasi siswa agar dapat melatih ketrampilan dalam penyelesaian masalah nyata yang ada dilingkungan serta dapat berfikir mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain modul biologi berbasis problem solving pada materi pencemaran lingkungan kelas VII yang berkualitas dilihat dari kevalidan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk dan menguji kevalidan produk tersebut melalui analisis kebutuhan potensi dan masalah dilapangan. Validitas modul berbasis Problem Solving ini mengadopsi milik Borg and gall (1983) yang telah dimodifikasi menjadi 5 tahapan yaitu : 1)penelitian dan pengumpulam informasi awal (Research and informational collection). 2) Perencanaan (Planning). 3) mengembangkan awal dari produk (develop preliminary form of product). 4)uji coba awal (preliminary field testing). 5) Revisi produk (main product revision). Instrumen pengumpulan data digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian yang terdiri dari lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli bahasa. hasil analisis validitas dari validasi ahli media menunjukkan skor 86,9 dengan kriteria sangat valid, sedangkan validasi ahli materi menunjukkan skor 90,5 dengan kriteria sangat valid, dan validasi ahli bahasa menunjukkan skor 80,6 dengan kriteria valid. Dari hasil penelitian menunjukkan modul biologi berbasis problem solving ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji validasi.

References

[1] Sari, R , T. 2007. Uji validitas modul pembelajaran biologi pada materi system reproduksi manusia melalui pendekatan konstruktivisme untuk kelas IX SMP. Jurnal pendidikan sains. Vol 6 No. 1 : 22-26.
[2] Sistyarini, Diana, I, dan Nurtjahyani, Supiana, Dian. 2017. Analisis Validitas Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 14 (01) : 581-584.
[3] Ulya, H. 2017. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Solving Pada Materi Asam Basa Arhenius. Bandar Lampung: Program Sarjana. Pendidikan Universitas Lampung.
[4] Artika, L. 2019. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Solving Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa. Lampung: Program Sarjana Pendidikan. Universitas Islam Raden Lampung.
[5] Ruci, G, W, & Purnomo, T. 2020.Pengembangan LKS Berbasis Problem Solving pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatih Ketrampilan Berfiki Kritis dan Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Kelas X SMA.Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 9 No. 1.
[6] Riduwan, Dasar-Dasar Statistika. Bandung: alfabeta, 2009.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nuraida, D., & isnani, isnani. (2021). VALIDITAS MODUL BIOLOGI KELAS VII BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 251–256. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/416