VALIDITAS LEMBAR KERJA (LKS) BERBASIS GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe
  • Liya Aminatun Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Lembar kerja siswa, pendekatan scientific, Group Investigation, pencemaran lingkungan

Abstract

Pembelajaran saat ini mengacu pada kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan scientific. Pendekatan scientific bisa diterapkan melalui proses pembelajaran yang melibatkan berbagai komponen diantaranya pelaksana pendidikan di lapangan (kompetensi guru dan kualitas tenaga pendidik), mutu pendidikan, perangkat kurikulum, dan sumber belajar. Sumber belajar tersebut bisa berasal dari buku ajar,dan saat ini bahan ajar yang sering digunakan adalah Lembar Kerja Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan kelas VII, penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE, yang terdiri 5 tahapan Meliputi: 1) analisis (analyze), 2) perancangan (desain),3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation),5) evaluasi (evaluation). Namun penelitian ini dibatasi sampai uji validasi saja.intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi ahli media,ahli bahasa,dan ahli materi. validitas lembar kerja siswa ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh validator .hasil analisi lembar validasi dari ahli media memperoleh skor 83,4 dengan kriteria valid, sedangkan validasi ahli bahasa memperoleh skor 80,5 dengan kriteria valid,dan untuk validasi ahli materi memperoleh skor 95, maka dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis Group Investigation dikatakan layak berdasarkan hasil validitasnya.

References

Eriawati, E. 2017. Pemanfaatan Tumbuhan di Lingkungan Sekolah Sebagai Media Alami pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan di SMA dan MA Kecamatan Montasik. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 47.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (gi) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nuraida, D., & Aminatun, L. . (2021). VALIDITAS LEMBAR KERJA (LKS) BERBASIS GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 257–261. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/417