VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP/ MTs

Authors

  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe
  • Yuyun Nuriyanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Validitas, Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Bahan ajar merupakan seperangkat bahan yang disusun secara sistematis yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa akan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa LKS yang berisi konsep-konsep penting dengan bahasa yang mudah dipahami, dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik, meningkatkan pemahaman peserta didik, serta kemampuan dalam memecahkan permasalahan. Salah satu model pembelajaran yang dapat di tuangkan dalam LKS yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain LKS berbasis Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs yang berkualitas dilihat dari kevalidan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). Namun, model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Pengembangan (Development) dikarenakan terbatasnya waktu, tenaga dan biaya. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh nilai presentase rata-rata 87%, ahli media 87% dan ahli bahasa 80% dengan kriteria valid. Dari hasil uji validitas menunjukkan bahwa bahan ajar berupa LKS berbasis Problem based learning yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Asrianengsi S, Irwandi & Kasmiruddin. Pengembangan Modul Praktikum Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Nirwanasari, N. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran LKS Berbentuk Crossword Puzzle Pada Tema Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. Universitas Indraprasta PGRI.

Noviyanti, Z. & Nurtjahyani, S. D. 2017. Development Of Biological Handout Of Catalogs With Color Picture On Respiratory System Material. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 14 (1): :388-393.

Setyanto H, Sudarmin & Dewi, R. N. 2015. Pengembangan LKS Problem Based Learning IPA Berbasis Pada Tema Pencemaran Lingkungan Guna Menumbuhkan Kemandirian siswa. Unnes Science Education Journal. Vol 4(3). Universitas Negeri Semarang.

Sistyarini, D.I & Nurtjahyani, S. D. Analysis Of The Validity Of The Dvelopment Of Problem Based Handout On Environment Content Chapters Class VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 581-584. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Pratiwi, G. 2014. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. .Universitas Lampung.

Priscylio, G, Eriani, P , Ellizar & Andromeda. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Topik Ikatan Kimia. JTK: Jurnal Tadris kimia, 1-10.

Zulfadli. 2017. Pengembangan Modul Biologi Pada Materi Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tarakan. Jurnal Bionature. Vol.17 (1):63-67.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nuraida, D., & Nuriyanti, Y. . (2021). VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP/ MTs. Prosiding SNasPPM, 5(2), 281–284. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/418