UJI VALIDITAS ATLAS BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII.
Keywords:
penelitian pengembangan, atlas biologi;, problem solvingAbstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan tujuan untuk mengetahui validitas dari prudok atlas biologi berbasis problem solving dengan menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall. Penelitian dilakukan dengan 6 tahap yaitu : potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar validasi materi dan pengguna. Dari hasil penelitian ahli materi mendapatkan poin 3,52 yang menyatakan valid, ahli media mendapatkan poin 3,8 yang menyatakan valid, dan pengguna dari segi media mendapatkan poin 3,85 dan dari segi materi mendapatkan 3,4 yang menyatakan valid. Dari data yang diperolah dinyatakan bahwa produk atlas biologi berbasis problem solving pada materi organisasi kehidupan dikategorikan valid dan dapat digunakan di lapangan
References
[2] Suswina, M. 2011. Hasil validitas pengembangan bahan ajar bergambar disertai peta konsep untuk pembelajaran biologi SMA Semester I kelas XI. Ta’dib, volume 14, No.1 (juni 2011)
[3] Leonata,OY, Sugeng Sutiarso. Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. 2017.Lampung: Universitas Lampung.
[4] Sulistyaningrum, ED, dkk. 2015. “Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Arias Untuk Memperdayakan Motivasi dan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem “. Jurnal Fkip Universitas Sebelas Maret
[5] Wulandari,TSH, dan Fitriyyah, SJ. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Base Learning Terhadap Berpikir Kritis SMP Pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global.
[6] Wulandari,TSH, dan Rianto,BW. 2018. vol 1. Pemgembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya: