UJI VALIDITAS LKS IPA BERBASIS PROBING PROMPTING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Keywords:
LKS, IPA, probing prompting.Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengetahui validitas,dari produk Lembar Kerja Siswa LKS Ipa berbasis probing prompting dalam meningkatkan ketrampilan siswa pada materi pencemaran lingkungan. Model penelitian dari ADDIE. Langkah – langkahnya yaitu 1. Analisis (Analyze), 2 Perancangan (design), 3 Pengembangan (defelopmen), 4 implementasi (implementation),5 Evaluasi (evaluatation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan hasil uji validitas dari ahli media yang di peroleh nilai rata-rata 88% dan nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi 97% dan nilai rata-rata dari pengguna 90%, Hasil uji validasi menyatakan valid Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji produk LKS Ipa berbasis probing prompting dalam meningkatkkan keterampilan proses pada materi pencemaran lingkungan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran karena telah dinyatakan memenuhi kriteria valid. Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas produk Lembar Kerja Siswa LKS Ipa berbasis probing prompting pada materi pencemaran lingkungan. Dengan langkah-langkah, Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi
References
[2] Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
[3] Nurjanah. 2013. Penerapan Model Belajar Kontruksivisme Dalam Pembelajaran Menulis Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Pengajarannya.
[4] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta
[5] Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Yogyakarta: Diva Pers.