UJI VALIDITAS BULETIN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP/MTS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Hernik Pujiastutik Universitas PGRI Ronggolawe
  • I’is Naeni Arieska Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

buletin, Problem Based Learning, uji validitas

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 7 Tuban masih menerapkan model pembelajaran konvensional ceramah. Pembelajaran konvensional ini didukung dengan penggunaan media pembelajaran berupa buku paket dan buku LKS dengan memiliki tampilan sederhana dari segi bahan, gambar dan bahasa yang digunakan. Hal itu dapat menimbulkan kejenuhan dan rasa bosan bagi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran kreatif dan inovatif buletin berbasis Problem Based Learning untuk memotivasi belajar siswa dan meningkatkan literasi sains siswa. Pengembangan buletin berbasis Problem Based Learning pada materi Pencemaran Lingkungan SMP/MTS ini menggunakan model pengembangan 3D (Three D) yang memiliki 3 tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil uji validitas buletin berbasis Problem Based Learning materi Pencemaran Lingkungan SMP/MTS untuk meningkatkan literasi sains siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi. Hasil uji validitas diperoleh dari dua ahli media dengan perolehan nilai rata-rata 87% kriteria sangat valid, dua ahli materi dengan perolehan nilai rata-rata 81% kriteria valid, dua guru IPA dengan perolehan nilai rata-rata 83 % kriteria valid, dan dua siswa dengan diperoleh nilai rata-rata 90% kriteria sangat valid. Rata-rata kevalidan keseluruhan validator 85% berada pada kriteria sangat valid, perolehan kriteria sangat valid ini dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan buletin berbasis Problem Based Learning materi penceamaran lingkungan SMP/MTS untuk meningkatkan literasi sains siswa tersebut layak secara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan karena divalidasi oleh validator ahli media, ahli maetri, dan pengguna.

References

Gafur,Abdul. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 8 No. 2: 1-10

Sanjaya, W. 2012. Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mutveia, A., & Mattssonb, J.,E. 2014. Big Ideasin Science Education in Teacher Training Program. IOSTE BORNEO 2014. Procedia Social and Behavioral Sciences Vol. 167,hlm. 190-197.

Aisyah. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Lukman, Y. 2013. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dewi, S, P. 2016. Prespektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol. 01 No. 2: 179-189

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Wali Pers

Riswanti, I. 2016. Media Buletin Dan Seni Mural Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang Obesitas. Jurnal of Helth Education. Vol. 1 No.1 : 62-70

Sani, E., & Aan, Yuli. 2013. Pemanfaatan Buletin Pustakawan Oleh Pustakawan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol. 2 No.3: 1-10.

Susanto. 2015. Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berfi kir dengan Model Pembelajaran Problem-based Learning pada Pelajaran Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional di Universitas Negeri Surabaya, 9 Mei 2015

Utrifani, A., & Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Larning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi. Vol. 2 No. 2: 9-16.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Hidayah, K, Nurtjahyani, S. D. 2018. Uji Validitas Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah SMA Kelas X Test of Development Validity of Student Worksheet ( LKS ) Based on Scientific Approach on Enviro. Prosiding Seminar Biology Education Conference. Vol. 15 No.1: 507–513.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sari, R.T. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA SMK. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu. Vol. 3 No. 46, Mar 2014 ISSN 1693-2617.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Hernik Pujiastutik, & Arieska, I. N. (2021). UJI VALIDITAS BULETIN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP/MTS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 244–250. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/421