UJI VALIDITAS E-MAGAZINE BIOLOGI BERBASIS KVISOFT FLIPBOOOK MAKER PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUPDENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SPM/MTs

Authors

  • Supiana Dian Nurtjahyani
  • Mudawwamah Mudawwamah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran, e-Magazine, Kvisoft Flipbook Maker

Abstract

e-Magazine merupakan suatu majalah yang berbasis elektronik, majalah ini tidak lagi menggunakan bahan baku kertas melainkan dalam bentuk file yang dapat diakses melalui media seperti computer, laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas produk media pembelajaran yang berupa e-Magazine berbasis kvisoft flipbook maker pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk siswa kelas VII SMP/MTs, dan untuk meningkatkan semangat siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Brog and Gall yang terdiri 10 tahap, akan tetapi terdapat kendala pandemi covid-19 sehingga dimodifikasi menjadi 5 tahap yang terdiri dari pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba awal, revisi produk. Pada e-Magazine biologi berbaisi kvisoft flipbook maker diuji coba awal untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-magazine biologi berbasis kvisoft flipbook maker menurut ahli materi 88% (sangat valid), ahli media 73 % (valid), pengguna 82 % (valid). Maka dapat disimpulkan bahwa e-magazine biologi berbasis kvisoft flipbook maker dinyatakan (valid) 81% digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP/MTs.

References

Azhar, A,. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuliasari, E. 2017. Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 6(1), 1–10.

Tiemensama, Leone. 2009. Visual literacy: to comics or not to comics? Promoting literacy using comics. World Library And Information Congress: 75th Ifla General Confference And Council

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Vol: 1 (1): 1-9.

Riduwan 2011, Dasar-Dasar Statiska. Bandung :alfabeta, 2009.

Sugiyono. 2011. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nurtjahyani, S. D. ., & Mudawwamah, M. (2021). UJI VALIDITAS E-MAGAZINE BIOLOGI BERBASIS KVISOFT FLIPBOOOK MAKER PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUPDENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SPM/MTs. Prosiding SNasPPM, 5(2), 262–265. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/422