UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN E-MODUL BAHAN AJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Authors

  • Supiana Dian Nurtjahyani
  • Tutut Tutut Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Bahan ajar, e-modul, Kvisoft Flipbook Maker

Abstract

Pengembangan buku bahan ajar seperti E-modul dilakukan sebagai upaya penunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pengembangan E-modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker adalah untuk melengkapi bahan ajar supaya siswa mampu memahami materi pembelajaran dengan lebih baik selain itu juga pengembangan E-modul berbasis Kvisoft flipbook Maker dilakukan untuk menambah wawasan siswa tentang pemanfaatan tekhnologi di era sekarang dan juga memperbanyak informasi. Dalam pengembangan E-modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker ini dilakukan uji validitas E-modul yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini betujuan untuk menguji validitas pengembangan E-modul bahan ajar biologi pokok bahasan Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan berbasis Kvisoft Flipbook Maker untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D. Metode yang digunakan adalah penelitian Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi 5 tahapan yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2) Merencanakan Penelitian, 3) Pengembangan Draf Produk, 4) Uji Coba awal , 5) Revisi Produk Hasil Uji Coba. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) lembar validitas ahli materi, 2) lembar validitas ahli media, 3) lembar validitas pengguna oleh praktisi pendidikan, 4) lembar validitas pengguna oleh siswa. Uji validitas E-modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dari hasil validasi diperoleh nilai presentase berdasarkan penilaian ahli materi 90 %, ahli media74 %, penilaian pengguna oleh praktisi pendidikan (guru) 81 % dan penilaian pengguna oleh siswa 89 %. Hasil uji validitas keseluruhan diperoleh nilai presentase 84 % dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil uji validitas E-modul yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Tim Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Awalsyah, A, Sarwi,, dan Sutikno. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker untuk Mengembangkan Keterampilan Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal. Vol. 07 (03).

Akbar S. 2013. Instrument perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmayasa, I, Kadek, Jampel, I, Nyoman, dan Simamora, Alexander, H. 2018. PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERORIENTASI PENDIDIKAN KA RAKTER DI SMP NEGERI 1 SINGA RAJA. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.6 (1) : 53-65.

Susilawati, dan Khoiri, N. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Lifeskill Untuk Siswa SMA. Jurnal Fisika Indonesia. Vol. 18 (54).

Sistyarini, Diana, I, dan Nurtjahyani, Supiana, Dian. 2017. Analisis Validitas Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 14 (01) : 581-584.

Ummah, R, Suarsini, E, dan Lestari, Sri, R. 2017. Analisis Kebutuhan Pengem bangan E-Modul Berbasis penelitian Uji Antimikroba pada Mata kuliah Mikrobiologi. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 2.

Riduwan. 2009. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: alfabeta.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Nurtjahyani, S. D. ., & Tutut, T. (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN E-MODUL BAHAN AJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Prosiding SNasPPM, 5(2), 309–313. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/423