UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS VII PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN SUB MATERI SEL

Authors

  • Lilik Mawartiningsih Universitas PGRI Ronggolawe
  • Herdika Firdaus Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media, Pop-Up Book, Sel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas media pembelajaran Pop-Up Book pada materi organisasi kehidupan sub materi sel guna meningkatkan minat baca siswa kelas VII. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg and Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk. Jenis penelitian ini terdapat 10 langkah pelaksanaan, namun peneliti hanya sampai pada tahap validasi. Untuk mengetahui kevalidan dari produk Pop-Up Book ini, peneliti menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada validator, diantaranya ahli materi, ahli media, guru pelajaran, dan siswa kelas VII, yang masing-masing 2 orang. Hasil analisis validitas yang sudah direkapitulasi dari ahli media menunjukkan skor 87,5 dengan kriteria sangat valid, hasil analisis validitas dari ahli materi menunjukkan skor 81,2 dengan kriteria valid, kemudian hasil analisis validitas dari guru mata pelajaran menunjukkan skor 89,3 dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil analisis validitas dari siswa menunjukkan skor 91,2 dengan kriteria sangat valid. Dari hadil penelitian menunjukan media pembelajaran Pop-Up Book untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VII dinyatakan layak berdasarkan hasil uji validitas.

References

Antika, Yunanik, and Bambang Suprianto, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Aplikasi Rangkaian OP AMP Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika Di SMK Negeri 2 Bojonegoro’, Jurnal Teknik Elektro, 2016

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013

Devi, Anggit Shita, and Siti Maisaroh. 2017.‘Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V Sd’, JURNAL PGSD INDONESIA

Lismayanti, Meri, Afreni Hamidah, and Evita Anggereini. 2016. ‘Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk SMA Kelas X’, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2011. Media pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru

Nana Syaodih Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya (Bekerja sama dengan Program Pascasarjana UPI).

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Mawartiningsih, L., & Firdaus, H. . (2021). UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS VII PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN SUB MATERI SEL. Prosiding SNasPPM, 5(2), 305–308. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/425