PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP JADID AR-ROHMAN

Authors

  • Lailatul Afifah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran, Validasi, Adobe flash, 4-D

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media yang cocok dengan materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Fabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada materi Teks Fabel pada siswa kelas VIII SMP Jadid Ar-Rohman. Jenis penelitian ini Research and Development (R and D) dengan metode pengembangan menggunakan model 4D yang meliputi tahap (1) Define (Pendefinisian). (2) Design (Perancangan). (3) Develop (Pengembangan). (4) Disseminate (Penyebaran). Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia berdasarkan uji validasi para ahli. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket. Hasil penelitian terkait pembelajaran berbasis sura dan gambar mencapai 95,5%, maka memerlukan media baru yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasis suara dan gambar. Sedangkan uji validasi yang dilakukan oleh peneliti Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Validasi format, (2) Validasi bahasa, (3) Validasi ilustrasi, (4) Validasi materi. Persentase dicapai oleh ahli format adalah 90% yang termasuk kategori “sangat valid”. Ahli bahasa 84% yang termasuk kategori “valid”. Ahli ilustrasi 88.3% yang termasuk kategori “sangat valid”. Ahli materi 87,1% yang termasuk kategori “sangat valid”.

References

Thiagarajan., S. et al. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children : A Source Book. Minnesota : University Of Minnesota

Dian K. dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Media Screencasto-matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunkan model 4-D Thigarajan. Jurnal Siliwangi. Vol. 3. No.1.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-20

How to Cite

Afifah, L. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP JADID AR-ROHMAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 294–297. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/430