UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN RENDERFOREST

Authors

  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ayu Vironika Zubaidah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Uji validitas, Pengembangan media pembelajaran video, Pendekatan kontekstual, Renderforest

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini beertujuan untuk mendeskripsikan hasil kevaliditasan pengembangan media pembelajaran video berbasis pendekatan kontekstual dengan menggunakan renderforest pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi yang merupakan guru kompeten dalam bidang matematika dan IT. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Research and Development/R&D dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Penelitian yang dilaksanakan mendapatkan hasil validasi media sebesar 84% dengan rata-rata 4,27 dan validasi materi sebesar 89% dengan rata-rata 4,466. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran video berbasis pendekatan kontekstual dengan menggunakan renderforest yang peneliti kembangkan telah memenuhi kualifikasi valid karena telah mencapai kriteria minimal baik.

References

R. A. Pratama, “Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan,” J. Dimens., vol. 7, no. 1, pp. 19–35, 2018.

R. Rizki et al., “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran,” vol. 1, no. 2, pp. 209–215, 2018.

T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Misykat J. Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 03, no. 1, pp. 171–187, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

A. T. Wibowo, “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dengan Menggunakan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 8 Metro Utara 2015/2016,” J. Chem. Inf. Model., 2016.

H. Muna, Nizaruddin, and Y. H. Murtianto, “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas Ix,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 9–18, 2017.

M. S. Noto, “Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Smart (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, And Time-Bound),” Infin. J., vol. 3, no. 1, p. 18, 2014, doi: 10.22460/infinity.v3i1.37.

E. P. Widyoko, Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Sulistyaningrum, H., & Zubaidah, A. V. . (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN RENDERFOREST. Prosiding SNasPPM, 5(2), 327–330. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/433