UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA ANIMASI ANIMAKER PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Keywords:
Uji validitas, media pembelajaran, animaker, video animasiAbstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikanan hasil validitas media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linier dua variabel berbantuan media animasi animaker yang dikembangkan. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi yang merupakan guru kompeten dalam bidang matematika dan IT. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan Model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yakni tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran), naun pada peneitian ini tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan. Penelitian yang dilaksanakan mendapatkan hasil validasi madia sebesar 83,9% dengan rata-rata jumlah skor 3,74 dan validasi materi sebesar 86% dengan rata-rata jumlah skor 4,3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik berbantuan media animasi animaker pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang dikembangkan telah memenuhi kualifikasi valid karena telah mencapai kriteria minimal baik.
References
S. Selvia, T. Rochmatin, and L. S. Zanthy, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Spldv,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 2, no. 5, p. 261, 2019, doi: 10.22460/jpmi.v2i5.p261-270.
T. Santoso, H. L. H. Nafis, and M. Y. Oktama, “Analyzing students’ error in problem solving of two-variable linear equation system: A case study of grade eight students of Indonesian junior high school,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 18, no. 11, pp. 283–296, 2019, doi: 10.26803/ijlter.18.11.17.
R. Y. Astika, B. S. Anggoro, and S. Andriani, “Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon,” JP3M J. Pemikir. Dan Penelit. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 85–96, 2019.
Ahmad Fadillah and W. Bilda, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe,” J. Gantang, 2019, doi: 10.31629/jg.v4i2.1369.
P. Wales, “Making, Creating and Shaping Meaning Through the Art of Digital Storytelling,” pp. 49–65, 2013, doi: 10.1007/978-981-4560-55-9_6.
Y. Purwanto and S. Rizki, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran,” AKSIOMA J. Math. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 67–77, 2015, doi: 10.24127/ajpm.v4i1.95.
C. X. Students, A. T. Smk, and N. Maros, “Developing video clip media of spldv learning to improve mathematics learning result of class x students at smk negeri 1 maros,” no. c, pp. 1–11.
E. P. Widyoko, Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.